Stand By Me Doraemon (2014)

Nobita: Doraemon…!!!

Doraemon-Stand-By-Me-Doraemon-Movie-3D-Poster-Wallpaper-723x1024

Directed By: Takashi Yamazaki, Ryuichi Yagi

Cast: Wasabi Mizuta, Megumi Ohara, Yumi Kakazu, Tomokazu Seki, Subaru Kimura, Yoshiko Kamei, Vanilla Yamazaki, Shihoko Hagino

Synopsis:

Nobita (Megumi Ohara) adalah seorang anak pemalas, bodoh, tidak berprestasi, dan lamban. Kebodohannya membuat dirinya kelak tidak diterima bekerja di perusahaan manapun. Karenanya ketika dewasa, dia lebih memilih membuka perusahaan sendiri. Namun perusahaan tersebut kelak akan terbakar dan Nobita meninggalkan hutang yang cukup banyak sampai ke anak- cucu.

Untuk menghindari hal tersebut, Sewashi (Yoshiko Kamei), anak dari cucu Nobita datang dengan mesin waktu dari abad ke-22 mengunjungi Nobita yang masih berusia 10 tahun. Sewashi memerintahkan Doraemon (Wasabi Mizuta), kucing robotnya, untuk membantu Nobita agar memperbaiki hidupnya. Sewashi membuat program kalau Doraemon tidak bisa kembali ke masa depan apabila belum membuat Nobita bahagia.

Doraemon pun membantu Nobita dalam kehidupannya sehari- hari dengan alat- alat dari masa depan yang disimpannya di dalam kantong ajaib. Mulai dari membantu agar tidak terlambat sekolah, jago berolah raga, mendapatkan nilai bagus, sampai membantu Nobita dari teman- temannya yang suka mem-bully, Suneo (Tomokazu Seki) dan Gian (Subaru Kimura).

Namun Doraemon merasa, bahwa kebahagiaan Nobita adalah membuatnya dapat menikahi wanita pujaannya, Shizuka (Yumi Kakazu), dan bukannya Jaiko (Vanilla Yamazaki), adik Gian, yang memang secara takdir akan menikahi Nobita. Tapi ini adalah hal yang sulit, mengingat Shizuka sangat dekat dengan teman sekelas yang dalam semua hal merupakan kebalikan Nobita, Dekisugi (Shihoko Hagino). Mulai dari tampan, pintar, jago berolahraga, kaya, dan rajin.

Review:

sbmd

Tong teng tong teng… “Baling- baling bambu…”

Siapa sih yang gak familiar dengan cathchphrase tersebut? Bagi sebagian besar manusia Indonesia yang berusia di atas 25 tahun, pasti sudah tidak asing lagi dengan suara kucing robot Doraemon saat membacakan judul cerita pendek yang menjadi bagian dari serial film yang dulu akrab menyapa kita di hari Minggu jam 8 pagi tersebut. Lengkap dengan jingle pendek yang menjadi ciri khasnya.

doraemon_stand_by_me

Doraemon diperkenalkan pada tahun 1969 oleh 2 orang penulis dengan nama pena Fujiko Fujio. Fujiko Fujio merupakan gabungan 2 orang sahabat sejak kecil yang sama- sama memiliki hobi menggambar, Hiroshi Fujimoto dan Motoo Abiko. Ketika dewasa mereka memutuskan mendirikan studio gambar, dan salah satunya melahirkan kisah robot kucing ini. Tapi sayangnya, pada tahun 1987, mereka memutuskan untuk berpisah dikarenakan perbedaan minat. Fujimoto tetap melanjutkan manga untuk anak- anak, termasuk Doraemon dan mengganti nama penanya menjadi Fujiko F. Fujio, dan Abiko lebih berkonsentrasi pada komedi dewasa.

url

Yang menjadikan manga Doraemon begitu populer adalah protagonis utamanya, Nobita, yang digambarkan sangat jauh berbeda dengan karakter- karakter protagonis lainnya; malas, bodoh, penakut, selalu bernasib sial, dan hal- hal buruk lainnya. Selain itu kantong ajaib yang dimiliki Doraemon mampu mengeluarkan benda- benda ajaib yang membantu Nobita mengerjakan masalah- masalah yang umum ditemui oleh anak kecil seumurnya. Seperti mendapatkan nilai tinggi tanpa harus belajar, mengindari omelan orang tua, dan lain- lain. Dan memang hal ini sempat membuat para orang tua Jepang dulu khawatir, takut anak- anak mereka akan semakin malas mencontoh perilaku Nobita yang selalu bergantung dengan alat- alat Doraemon.

url

Di dalam popular culture, serial Doraemon juga memberikan beberapa pengaruh. Seperti media- media Jepang yang selalu membandingkan alat- alat modern dengan alat- alat yang dikeluarkan oleh Doraemon. Di Indonesia sendiri, salah satu pengaruhnya adalah pemberian nama panggilan Gian bagi laki- laki bertubuh tinggi besar oleh teman- temannya (gak kok… gua gak curhat!!!!)

066673500_1417500786-stand-by-me-doraemon-07

Kini, untuk memperingati 80 tahun almarhum Fujiko F. Fujio, yang sudah wafat pada tahun 1996 kemarin, sebuah animasi 3D dirilis ke dalam format bioskop. Secara garis besar, film Stand By Me Doraemon adalah kumpulan 5 cerita pendek dari manga Doraemon yang diubah sedikit untuk memberikan benang merah keseluruhan film. Film ini juga menampilkan beberapa potongan adegan dari judul cerita pendek lainnya, khususnya saat Doraemon memperkenalkan beberapa gadget-nya. Maka, bagi para penggemar serial ini sudah tidak akan asing lagi dan dapat menebak apa yang dapat terjadi di scene berikutnya.

Giant-and-Suneo-Funny-Stand-By-Me-Movie-Wallpaper-1024x575

Salah satu yang menarik dari film ini adalah penggunaan computer graphic amimated yang sudah sangat maju. Ditambah dengan efek 3D. Namun sayangnya saat tulisan ini dibuat saya belum sempat menyaksikan dalam format 3D. Namun dari beberapa adegan yang terlihat tampak bahwa adegan- adegan tersebut akan sangat cool dilihat dalam format 3D. Dengan adanya teknik animasi komputer yang lebih modern ini mampu menggambarkan mimik dan raut muka para karakter menjadi lebih lucu. Jauh lebih lucu ketika kita melihatnya dalam format 2D di TV dulu.

Doraemon-Stand-By-Me-Shizuka

Voice cast yang ditampilkan juga cukup mendukung karakteristik masing- masing tokoh. Terlebih karakter Doraemon, yang jadi lebih menggemaskan lewat dub yang diberikan oleh Wasabi Mizuta.  Alunan musik yang manis dan sangat pas dengan suasana adegan di layar juga menjadi salah satu faktor kuat yang mendukung film ini.

standbyme-maxresdefault

Naskah yang ditulis oleh Takashi Yamazaki cukup baik. Yamazaki mampu membuat penonton tertawa sekaligus sedih ketika melihat adegan- adegan mengharukan yang muncul di layar. Korelasi yang manis di antara 5 cerita pendek yang aslinya terpisah merupakan suatu hal menarik yang membuat penonton tetap betah duduk di bangku bioskop. Meskipun lebih memiliki efek yang mengena bagi penonton dewasa, tapi Stand By Me Doraemon juga menampilkan nilai- nilai yang patut dicontoh anak- anak kecil. Dan nilai- nilai tersebut keluar dari sosok seorang Nobita yang di beberapa adegan sempat digambarkan bisa mandiri tanpa menghandalkan peralatan Doraemon untuk menyelesaikan masalah.

024680000_1417647749-doraemon-still1

Khusus untuk perasaan haru yang cukup digembar- gemborkan lewat marketing film ini, saya mencatat setidaknya ada 2 hal yang membuat air mata haru para penonton. Yang pertama adalah adegan- adegan sedih. Yang kedua adalah perasaan nostalgia masa kecil. Dan efek yang lebih kena di saya pribadi adalah efek nomor 2. Bagaimana rasanya dulu kita sempat tumbuh ditemani kisah- kisah Doraemon. Atau tampilan animasi canggih di layar, yang dulu sempat kita saksikan dalam format animasi lebih kuno.

sdfadaadads

Secara pribadi saya merasa memiliki bonding yang kuat dengan film ini. Karena ketika kecil dulu saya sangat menggemari serial ini. Dan manga Doraemon adalah serial manga pertama yang saya koleksi sampai lengkap ketika kecil dulu. Bonding yang paling kuat antara saya pribadi dan serial ini adalah ketika muncul pertama kali di salah satu stasiun TV swasta kita saya masih berusia 10 tahun dan duduk di kelas 4 SD. Dan Nobita juga berusia 10 tahun dan duduk di kelas 4 SD.

81

Sebagai kalimat penutup, Stand By Me Doraemon adalah sebuah sajian animasi yang diperuntukkan bagi anak- anak namun akan lebih memiliki dampak lebih dalam bagi penonton dewasa. Dikarenakan faktor nostalgia masa kecil yang dibalut oleh teknik animasi yang jauh lebih modern. Saya sangat menyarankan para pembaca untuk menyaksikan film ini di bioskop. Khususnya bagi mereka yang berusia di atas 25 tahun. Ah, saya jadi ingin meminjam mesin waktu Doraemon. Saya mau lihat ekspresi saya saat kecil dulu ketika hari Minggu pagi sudah mantengin TV. Sambil duduk manis. Dan memiliki imajinasi indah akan alat- alat ajaib Doraemon. Sambil befikir. Seandainya saya juga punya Doraemon. (dnf)

Rating:

8.5/10

4 thoughts on “Stand By Me Doraemon (2014)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s