Night At The Museum: Secret of The Tomb (2014)

Jedediah: Why don’t you take picture, it’ll last longer.

poster

Directed By: Shawn Levy

Cast: Ben Stiller, Robin Williams, Owen Wilson, Steve Coogan, Ricky Gervais, Dan Stevens, Rebel Wilson, Skyler Gisondo, Rami Malek, Patrick Gallagher, Ben Kingsley, Mizuo Peck

Synopsis:

Tablet Akhmenrah yang menjadi alat ajaib yang membuat “penghuni” Museum National of History mengalami korosi. Akhmenrah (Rami Malek) mengatakan bahwa hanya sang ayah, Pharaoh (Ben Kingsley) yang mengetahui rahasia di balik tablet tersebut. Hanya sayangnya, sang ayah adalah salah satu eksibit di British Museum.

Karena itu, Larry Daley (Ben Stiller) bersama Akhmenrah, Teddy Roosevelt (Robin Williams), Sacagawea (Mizuo Peck), Jedediah (Owen Wilson), Octavius (Steve Coogan), Atilla The Hun (Patrick Gallagher), Laa (Ben Stiller), dan Dexter The Monkey bergerak menuju Inggris untuk menemui sang Pharaoh dan mencari tahu rahasia tablet tersebut.

Review:

movies-night-at-the-museum

Night At The Museum adalah salah satu franchise menghibur namun mudah terlupakan. Karena selain faktor exhibit comes to life yang ditawarkannya, tidak ada satupun yang menjadi nilai lebih dari film ini. Joke-nya pun masih cenderung kurang pas untuk sebuah film keluarga. Namun tetap saja faktor komedi yang dimainkan 2 pemeran utamanya, Stiller dan Williams tetap dapat menjadi faktor penentu penjualan tiket film. Buktinya hingga kini, sudah lengkap menjadi sebuah trilogi.

60151

Night At The Museum adalah sebuah adapasi bebas dari buku bergambar untuk anak berjudul The Night At The Museum, karangan Milan Trenc dan diterbitkan pertama kali tahun 1993. Buku tersebut menceritakan tentang Hector, seorang penjaga malam Museum of National History yang menemuka bahwa dinosaurus- dinosaurus yang ada di dalam museum tersebut hidup tiap malam. Hector-pun akhirnya berusaha untuk menjaga dunia luar dari serangan dinosaurus- dinosaurus tersebut. Setelah film pertamanya dirilis, nama museum diganti menjadi American Museum of National History dan karakter Hector berganti nama menjadi Larry, seperti di filmnya.

fadfaf

Seperti saya sebutkan tadi, kisah- kisah semacam ini memanglah sangat klise. Apa yang menjadi trademark terulang lagi di film- film sebelumnya. Adegan- adegan komedianya pun masih mirip dengan film- film sebelumnya, namun masih tetap bisa memancing tawa penonton. Yang cukup disayangkan adalah minimnya karakter- karakter baru, yang merupakan daya tarik utama franchise ini. Tercatat hanya Laa dan Sir Lancelot (Dan Stevens) saja yang berhasil mencuri perhatian.

o-NIGHT-AT-THE-MUSEUM-SECRET-OF-THE-TOMB-facebook

Hint tentang penutupan franchise yang menandakan ini terakhir kalinya kita melihat karakter- karakter tersebut hidup di layar kaca tidak semengharukan cara Pixar menutup franchise Toy Story-nya yang sukses membuat mayoritas penonton berkaca- kaca. Mungkin yang lebih menimbulkan haru adalah ucapan perpisahan Teddy Roosevelt ke Larry Daley yang seolah- olah menjadi ucapan perpisahan Robin Williams kepada para penonton sebelum dirinya meninggal dunia.

Night-at-the-Museum-Secret-of-the-Tomb-Movie-Review-Image-6

Para pemain juga biasa- biasa saja. Hanya Ben Stiller dan Dan Stevens yang berhasil mencuri perhatian. Skyler Gisondo yang menggantikan posisi Jake Cherry sebagai Nick Daley di 2 film pertamanya terasa gak guna banget. Akting Gisondo masih kalah jauh dengan performa Cherry. Ben Kingsley seperti hanya bermain- main di film ini. Dia tau tidak usah terlalu banyak mengeluarkan effort di film semacam ini. Yang paling disayangkan adalah Rebel Wilson. Entah faktor fisik atau apa, di setiap aktingnya dia terlalu memiliki kesamaan template dengan Melissa McCarthy.

url

Meskipun memiliki berbagai macam flaws di sana- sini, namun Secret of The Tomb masih sukses memancing tawa dengan komedi- komedi slapstick-nya. Terlebih jika anda mencintai akting Robin Williams, layaknya kebanyakan orang mau meninggal (seperti yang dipercaya di negara kita), Williams seperti meninggalkan kesan dan pesan tersendiri untuk para penggemarnya. Selain Williams, film ini juga merupakan salam perpisahan untuk Mickey Rooney, yang di film ini tampil cameo bersama Dick Van Dyke dan Bill Cobbs, mengulangi perannya di film pertama. Speaking of cameo performance, Levy ternyata memberikan 2 cameo spesial dari seorang aktor papan atas dan seorang penyanyi yang mulai berkecimpung di dunia akting. Who are they? Well, you gotta see it yourself. (dnf)

Rating:

7/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s