PK (2014)

17pk-poll1

Directed By: Rajkumar Hirani

Cast: Aamir Khan, Anushka Sharma, Sanjay Dutt, Sushan Singh Rajput, Saurabh Shukla, Pariksat Sahni

Synopsis:

Seorang alien mendarat di bumi untuk mempelajari manusia. Namun sayang, kalung remote yang menjadi alat pemanggil kapal luar angkasanya dicuri manusia bumi. Lantas alien tersebut, yang belakangan dipanggil PK (Aamir Khan) berkeliling menanyakan keberadaan remote-nya. Namun semua orang yang ditanya menganjurkan dia bertanya pada Tuhan. PK, yang di planetnya tidak memahami konsep keTuhanan merasa bingung dengan banyaknya Tuhan di bumi.

Jaggu (Anushka Sharma), seorang reporter, yang baru saja putus dari kekasihnya Shafaraz (Sushan Singh Rajput), tertarik dan mencoba mengangkat kisah PK yang unik ke acara TVnya. Dan ternyata acara tersebut meraih rating yang tinggi.

Di lain sisi, ternyata remote PK berada di tangan Tapasvi Maharaj, seorang pemuka agama yang sangat disanjung tinggi ayah Jaggu (Parikshat Sahni). Maka terjadilah perang dingin antara PK dan Tapasvi.

Review:

pk-1st-week-box-office-expect

Mengangkat sebuah kisah sensitif yang menyangkut, atau menyindir, suatu kepercayaan tertentu memang gampang- gampang susah. Terlebih jika film semacam itu dibuat di Indonesia. Sikap open- minded memang harus dimiliki penonton yang kepercayaannya disindir. Publik Amerika Serikat tergolong open- minded melihat banyaknya film- film yang memarodikan Tuhan mereka sendiri.

29-pk-24

Berbeda dengan negara- negara Asia, yang masih menjunjung tinggi nilai sakral dari sebuah ajaran agama. Gambaran sindiran atas sebuah ajaran agama sangatlah sensitif, bahkan bisa membuat perang saudara. Tidak heran jika isu- isu sensitif agama sering dijadikan alat adu domba pihak- pihak yang ingin mengambil keuntungan atas terjadinya sebuah perang saudara di satu wilayah tertentu. Hal yang masih sangat familiar bahkan di negara kita sendiri.

chaar-kadam

PK adalah sebuah film yang cukup menjadi hit di negaranya yang menyindir sikap manusia terhadap agama dan atribut- atributnya. Seperti bagaimana seorang pemuka agama salah menginterpertasikan ajaran agama sehingga pengikutnya salah juga dalam menjalankan ibadah, bagaimana seorang pemuka agama menggunakan ajaran agama demi kepentingan dirinya sendiri, dan bagaimana kita memahami perbedaan tiap agama tanpa harus melabelkan suatu agama tertentu dengan hal- hal yang buruk.

aamir-khan-pk-trailer

Karakter PK itu sendiri digambarkan seperti anak kecil yang mencari kebenaran tentang Tuhan. Diawali dengan turun dari langit tanpa sehelai benangpun di tubuhnya menyimbolkan keadaan kita saat lahir yang telanjang. Lalu sifatnya yang kritis, spontan, lugu, dan selalu ingin tahu memang mewakili sifat- sifat anak kecil dalam tahap pembelajarannya. Dan kesemuanya itu mampu digambarkan secara sempurna oleh seorang Aamir Khan, yang dengan akting anehnya mampu mengungguli akting aneh Johnnie Depp di film apapun.

pk07-oct23

Selain Aamir Khan, pemeran- pemeran lainnya cukup baik dalam memainkan karakternya masing- masing. Anushka Sharma, cukup pas membawakan peran love interest yang menyenangkan. Saurabh Shukla sangat menarik memerankan karakter villain yang komikal dengan gayanya yang annoying. Tidak ketinggalan penampilan legenda Bollywood, Sanjay Dutt, yang berperan sebagai Bhairon Singh, salah satu teman PK.

Aamir-Khan-In-PK-Movie-Photos-540x303

Digawangi oleh duet yang 5 tahun lalu sukses dengan 3 Idiots, Aamir Khan dan Rajkumar Hirani, PK memiliki sebuah plot berat dan sensitif yang dibawakan secara ringan dan menggelitik. Yang mungkin cenderung bisa sedikit offensive, namun apa yang dituangkan lewat naskah yang juga ditulis sang sutradara, sangatlah make sense. Dan sebenarnya PK itu sendiri tidak menyindir ajaran satu agama tertentu, melainkan misdirection yang dilakukan oleh pemuka agamanya.

anushka-sharma-in-pk-movie-2

Komedi yang disajikan tergolong cerdas dan dialog- dialog yang dituangkan lewat film ini tidak kalah cerdasnya. Flow serta tensi cerita tetap terjaga sampai akhir. Lagu- lagu khas film India yang biasanya membuat saya bosan, kali ini malah tak terduga, cukup membuat saya betah di kursi bioskop. Selain karena dibawakan dengan cukup fun, lagu- lagu tersebut memang sangat pas dengan narasi film.

PK-Movie-Stills-HD

Overall, PK menjadi sajian penutup akhir tahun yang manis dan sangat heartwarming. Dengan dialog bagus, komedi cerdas, plot cerita sempurna, dan akting yang over the top Aamir Khan, twist cerdas di akhir kisah yang sangat tidak terduga, PK memang pantas jika saya sebut sebagai salah satu film terbaik tahun 2014. Saya sangat menyarankan anda semua untuk menyaksikan film ini di bioskop. (dnf)

Rating:

9/10

4 thoughts on “PK (2014)

  1. Menurut saya kata PK sangat betul, saat kita bertemu dengan orang yang mengaku dapat berbicara dengan tuhan secara langsung maka kita harus lari jauh – jauh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s