Taken 3 (2015)

Bryan Mills: Goodluck

taken_3_movie_poster_1

Directed By: Olivier Megaton

Cast: Liam Neeson, Forest Whitaker, Famke Janssen, Maggie Grace, Dougray Scott, Sam Spruell

Synopsis:

Meskipun telah pisah, Bryan Mills (Liam Neeson) masih tetap menjalin hubungan baik dengan mantan istrinya, Lenore (Famke Janssen) meskipun dirinya masih berstatus istri Stuart St. John (Dougray Scott). Namun ketika sang istri ditemukan tewas di apartemen Bryan, dan bukti- bukti mengarah kepada Bryan sebagai pelaku, mantan CIA inipun mengarahkan segala kemampuannya untuk mencari dalang pembunuhan itu sekaligus membersihkan namanya sebelum anaknya, Kim (Maggie Grace) menjadi sasaran berikutnya. Namun upaya Bryan tidaklah mudah, karena sebagai buronan, dirinya juga menjadi incaran inspektur Franck Dotzler (Forest Whitaker).

Review:

taken-3-excl-clip-rabbit-cb

Biasanya seorang bintang laga akan mendapatkan predikat action superstar di saat dirinya berusia 20 atau 30 tahunan. Di mana kondisi fisik masih dalam keadaan prima untuk melakukan aksi raga yang menjadi jualan utama film bergenre ini. Namun tidak bagi Liam Neeson. Memulai karir dengan lebih fokus ke genre drama, aktor asal Inggris tersebut mulai mendapatkan predikat seorang action superstar justru di usia 56 tahun ketika berperan sebagai mantan agen CIA yang harus berpetualang ke dunia bawah tanah Paris demi menyelamatkan anaknya yang diculik.

la_ca_1021_taken_3

Film berjudul Taken tersebut sukses menjadi sebuah sleeper hit lewat adegan aksinya yang tegang sekaligus natural. Pundi- pundi dollarpun semakin membuat produser kaya dengan mengantongi 145 juta dollar untuk peredaran Amerika Serikat saja dengan budget hanya 25 juta dollar. Para produser langung memberi lampu hijau untuk sekuel pertamanya di tahun 2012 yang kemudian dilanjutkan dengan sekuel keduanya ini 3 tahun kemudian. Hanya saja, Neeson yang awalnya enggan meneruskan perannya sebagai Bryan Mills memiliki syarat supaya mau bergabung di proyek Taken 3 ini. Di mana syarat tersebut adalah tidak adanya penculikan lagi di film ini (selain bayaran yang lebih tinggi tentunya).

3

Bagi yang merasa sangat familiar dengan plot dasar film Taken 3 ini, janganlah merasa heran. Karena nyaris persis dengan plot dasar film The Fugitive yang mempertemukan Harisson Ford dan Tommy Lee Jones 2 dekade yang lalu. Niat untuk menghadirkan sesuatu yang fresh layaknya installment ketiga Die Hard dan installment kelima The Fast and The Furious, naskah Taken 3 malah menjadi kedodoran di beberapa segi. Munculnya plothole- plothole yang cukup mengganggu menjadikan film ini kurang begitu menggigit. Terlebih aksi yang bisa dikatakan cenderung berkurang dibandingkan 2 seri pendahulunya.

Taken 3

Adegan pembuka yang cukup menegangkan seakan menurunkan tensi kisah dengan ketegangan yang semakin berkurang. Ditambah porsi adegan aksi yang kurang banyak. Saya menghela nafas mengetahui kurangnya adegan Liam Neeson membuat babak belur penjahat. Namun meskipun cenderung kurang banyak, aksi- aksi yang ditawarkan masih cukup seru. Twist yang dipersiapkan di akhir kisah juga tidak memberikan nilai plus yang cukup berarti.

1411403574000-FOREST-TAKEN-3-MOV-jy-2740-

Liam Neeson masih cukup baik memerankan adegan aksi meski di usianya yang tidak bisa dibilang muda ini. Hanya saja chemistry antara karakter Bryan dan Kim yang terbangun baik di jilid satu dan dua terasa hambar di seri ketiganya ini. Penampilan Forest Whitaker, Sam Spruell, dan Dougray Scott yang menambah list cast film ini cukup baik. Scott yang di film ini menggantikan posisi Xander Berkeley yang memerankan Stuart di film pertamanya cukup meyakinkan dan memang keputusan yang tepat memilih dirinya ketimbang Berkeley mengingat perannya yang memiliki porsi lebih besar di film ini.

taken34

Then again, Taken 3 menjadi satu contoh penutup trilogi yang kurang menggigit mengingat kualitas 2 film sebelumnya. Sebenarnya masih banyak yang bisa digali dari film ini, hanya saja sepertinya niatan memberikan nuansa baru dengan pola kucing- tikus kurang berhasil untuk mengangkat film ini sebagai babak pamungkas. Untungnya kualitas akting Neeson masih bisa menyelamatkan film ini. (dnf)

Rating:

7/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s