The Imitation Game (2014)

Alan Turing: Sometimes it is the people who no one imagines anything of who do the things that no one can imagine.

Imitation-Game-Poster

Directed By: Morten Tyldum

Cast: Benedict Cumberbatch, Keira Knightley, Matthew Goode, Rory Kinnear, Allen Leech, Matthew Beard, James Northcote, Mark Strong, Charles Dance, Alex Lawther

Synopsis:

Pada masa perang dunia kedua, seorang ahli Matematika muda bernama Alan Turing (Benedict Cumberbatch) direkrut oleh Commander Dennison (Charles Dance), seorang petinggi Angkatan Bersenjata dan Stewart Menzies (Mark Strong), seorang agen MI-6 untuk bergabung dengan sekelompok ahli muda yang dipimpin oleh Hugh Alexander (Matthew Goode) untuk memecahkan sebuah alat enkripsi NAZI Jerman, Enigma.

Namun, bukannya memecahkan alat tersebut secara manual, sesuai instruksi, Turing malah menciptakan sebuah mesin yang mampu berfikir untuk memecahkan Enigma. Dengan bantuan timnya dan seorang ahli kriptanalis Joan Clarke (Keira Knightley), Turing harus berpacu menciptakan mesin yang diberi nama Christopher tersebut sebelum korban perang makin tambah berjatuhan.

Review:

_TFJ0226.NEF

Komputer pada era modern sekarang telah menjadi bagian yang tidak bisa terpisahkan dari umat manusia dan kegiatan- kegiatan yang dilakukannya. Dari memproses sebuah data, melakukan pekerjaan, membuat artikel, bahkan menulis review seperti yang saya lakukan sekarang ini. Hampir dipastikan bila tidak adanya komputer, pekerjaan yang kita lakukan sekarang mungkin akan memakan waktu puluhan kali lipat lebih lama daripada yang bisa kita tempuh.

AP FILM REVIEW THE IMITATION GAME A ENT

Bahkan pada banyak ahli yang memperkirakan di masa depan hampir seluruh pekerjaan manusia bisa diambil alih oleh komputer. Sehingga kemungkinan efek terburuknya adalah semakin bertambahnya jumlah pengangguran dan semakin sedikitnya lapangan pekerjaan. Namun banyak yang masih belum tahu kisah di balik penciptaan komputer tersebut. Siapakah penemu mesin yang mempunyai kemampuan berfikir seperti manusia tersebut? Siapakah yang paling berjasa dalam memperingan pekerjaan kita ini? Dia adalah seorang ahli matematika bernama Alan Turing, yang mesin penemuannya diteruskan oleh para ahli setengah abad kemudian dengan sebutan “Turing Machines” atau bagi orang awam disebut dengan “Komputer”.

THE IMITATION GAME

Sebagai Alan Turing, Benedict Cumberbatch berhasil memberikan performa terbaiknya selama karirnya. Memang paska keterlibatannya dalam proyek miniseri BBC berjudul Sherlock, aktor Inggris ini semakin diperhitungkan sepak terjangnya di blantika industri perfilman. Tidak salah sebuah nominasi Oscar diberikan kepada dirinya. Mengingat juri Oscar memang sangat mencintai aktor- aktor yang berakting aneh atau memerankan karakter dengan sisi keanehan atau berbeda dengan lainnya. Dan dengan piawai, Cumberbatch mampu membawa karakter Turing sebagai seseorang yang terkadang kita sebal, namun terkadang kita empati dengan hidupnya.

adarqwq

Jajaran cast pendukung lainnya juga mampu menghidupkan karakter dengan nyaris sempurna. Terutama Keira Knightley, Matthew Goode, dan Alex Lawther. Dan di antara ketiga pemain pendukung ini, Alex Lawther-lah yang paling juara. Sayangnya nominasi Aktor Pendukung Terbaik tidak menghampirinya. Padahal dirinya begitu sempurna memerankan Alan Turing muda dengan aktingya yang weird namun mampu menyamai gerak- gerik serta gesture Cumberbatch yang memerankan versi dewasa.

THE IMITATION GAME

Cara bercerita Morten Tyldum yang menggunakan alur maju mundur mampu membuat cerita lebih menarik. Permainan emosi serta tensi cerita yang tetap terjaga mampu menjadikan film ini sebagai kandidat sebagai film terbaik. Tyldum dengan lincah mengungkapkan dan membeberkan plot demi plot dengan sabar tanpa harus terburu- buru. Detil- detil hidup Turing mampu diterjemahkan dengan baik ke dalam layar lewat buku biografi Turing karangan Andrew Hodges.

_TIG2075.NEF

Sinematografi dan disain produksi juga patut diacungi jempol. Kemampuan disain produksi dalam menciptakan kembali keadaan masa perang dunia 2, terutama dalam menggambarkan adegan pemboman serta paska pemboman, bisa dikatakan nyaris sempurna. Sinematografi juga salah satu yang membantu film ini menjadi sangat enak diikuti.

The-Imitation-Game-trailer

So, The Imitation Game memang pantas jika dikaruniai 8 nominasi Oscar. Dengan kerjasama tim yang solid serta kumpulnya bakat- bakat yang kompeten dalam mendukung film ini, mampu memberikan sebuah sajian biografi serta kisah di balik penciptaan komputer tersebut. Dan bagi Benedict Cumberbatch sendiri, tidak diragukan lagi, nominasi- nominasi Oscar lainnya sudah dapat dipastikan akan berdatangan, apabila ke depannya dia selektif dalam memilih film untuk diperankan. (dnf)

Rating:

8/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s