Foxcatcher (2014)

John E. Du Pont: You ungrateful ape!

foxcatcher-poster

Directed By: Bennett Miller

Cast: Channing Tatum, Steve Carell, Mark Ruffalo, Vanessa Redgrave, Sienna Miller

Synopsis:

John E. Du Pont (Steve Carell) adalah seorang ahli burung sekaligus pengusaha kaya yang menggemari olah raga gulat. Memiliki misi untuk mengembangkan olah raga gulat di Amerika, Du Pont menghubungi seorang peraih medali emas, Mark Schultz (Channing Tatum) untuk mau melatih atlit- atlit muda di sasana gulat yang dibangunnya di area peternakannya, Foxcatcher.

Merasa tidak puas dengan Mark, John mencoba menghubungi abang Mark, Dave Schultz (Mark Ruffalo) untuk ikut membantu proses pelatihan atlit- atlit muda tersebut dengan target memenangkan olimpiade 1988 di Seoul.

Review:

foxcatcher

Film biopik dan film sport merupakan beberapa genre yang menjadi favorit penikmat penggemarnya masing- masing. Biasanya jika dikombinasikan akan menciptakan suatu tontonan serius yang digarap dengan tingkat ketelitian luar biasa. Sebut saja macam Ali, The Hurricane, Raging Bull, Soul Surfer, Moneybal, Unbroker, The Blind Side, Seabiscuit, Rush, Chariots of Fire, dan The Fighter. Meski untuk cabang favorit masih digeluti seputar dunia tinju, baseball, dan American Football, untuk dijadikan bahan sumber adaptasi sebuah film sport biopic. Dan meskipun kebanyakan bergenre drama, ada juga beberapa film sport biopic yang menggunakan pendekatan genre lain, seperti Bloodsport.

foxcatcher02

Standar sebuah film biopik bisa dikatakan berhasil adalah, selain kemiripan aktor terpilih dengan karakter aslinya, juga keakuratan dalam menampilkan kembali kejadian yang menjadi latar penceritaan kisah film. Dalam hal keakuratan, bisa dikatakan Foxcatcher sudah secara detil berhasil merekaulang keseluruhan adegan- adegan penting di dalam film ini. Bahkan sampai adegan- adegan yang tidak diketahui secara umum. Untuk urusan keakuratan ini memang benar- benar sudah dikonfirmasi oleh Mark Schultz yang menilai film ini sebagai sebuah film dengan tingkat akurasi yang sangat tinggi.

foxcatcher-channing-tatum-steve-carell

Namun dari segi cerita akan terasa sangat boring. Terutama bagi penonton yang sudah terbiasa menyaksikan sajian pop corn movie. Pasalnya tempo yang dibawa oleh Bennett Miller sangat, sangat, sangat, sangat, sangat, dan sangat lambat. Meskipun tidak terasa bertele- tele, sepertinya Miller lebih ingin mengeksplor karakter masing- masing tokoh ketimbang langsung loncat ke inti permasalahan.

aeq

Untungnya film ini ditopang oleh barisan cast yang memerankan karakter dengan kualitas akting cukup tinggi. Bahkan, 2 aktor yang, saya pribadi anggap tidak akan bisa menampilkan akting serius yang bagus, di sini dengan sempurna berhasil menjiwai perannya masing- masing. Mereka adalah Channing Tatum dan Steve Carell. Secara pribadi, so far, saya menganggap Tatum, hanya menjual fisik tanpa mengembangkan kualitas akting yang baik. Namun dalam memerankan Mark Schultz, Tatum berhasil merubah gaya bicara sampai gesture badan semirip mungkin dengan Mark. Penjiwaannya pun sangat baik.

FILM Foxcatcher 20141126

Steve Carell, di lain sisi, yang biasanya tampil konyol, mampu membuktikan dirinya bisa mencapai apa yang selalu gagal dicapai oleh Jim Carrey dulu; berakting serius di film serius. Bisa dikatakan, perannya sebagai John E. Du Pont, benar- benar beyond believe. Mark Ruffalo juga sangat bagus menampilkan karakter seorang kakak yang ngemong. Tidak salah memang kedua aktor ini mendapatkan nominiasi Oscar 2015. Tim Make- up dan tata rambut juga memegang peranan penting. Mereka mampu mengubah aktor- aktor menjadi semirip mungkin dengan wajah asli tokoh aslinya. Terutama untuk Carell dan Ruffalo.

FOXCATCHER

Melihat eksekusi akhir oleh Bennett Miller membuat saya menilai Foxcatcher adalah sebuah film yang sangat mengandalkan kualitas akting untuk menarik minat penonton. Karena dari segi naskah dan filmnya sendiri termasuk biasa- biasa saja, bahkan cenderung sangat membosankan. Namun ya itu tadi, jika anda sangat ingin melihat penampilan Channing Tatum dan Steve Carell terbaik sepanjang karir mereka selama ini, film Foxcatcher bisa menjadi pilihan anda. (dnf)

Rating:

7.5/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s