Jupiter Ascending (2015)

Balem Abrasax: Bring her to me. Now!

jupiter_ascending_movie_poster_2

Directed By: Andy Wachowski, Lana Wachowski

Cast: Mila Kunis, Channing Tatum, Sean Bean, Eddie Redmayne, Douglas Booth, Tuppence Middleton

Synopsis:

Bumi tidak seperti yang kita kira. Bumi adalah salah satu dari planet “peternakan” yang dimiliki oleh dinasti Abrasax. Sepeninggal sang ibu, keluarga Abrasax hanya tinggal Balem (Eddie Redmayne), Titus (Douglas Booth), dan Kalique (Tuppence Middleton). Balem adalah anak tertua yang mewarisi bumi. Untuk itu, kepemilikan Balem atas bumi membuat iri kedua saudaranya.

Sementara itu di bumi, seorang wanita biasa- biasa saja, Jupiter Jones (Mila Kunis) dipercaya sebagai titisan ratu Abrasax. Sebagai titisan, tentu saja Jupiter akan mewarisi seluruh kepemilikan dinasti Abrasax. Balem yang tidak mau kepemilikannya direbut, mengutus para pemburu untuk membunuh Jupiter. Sementara Titus mengutus seorang hunter bernama Cain Wise (Channing Tatum) untuk melindungi dan membawa Jupiter ke istananya.

Tanpa diduga, ternyata apa yang menjadi intrik di balik keluarga Abrasax lebih dari hal tersebut. Dan perebutan kekuaasan bumi ini akan menentukan kelanjutan nasib umat manusia yang mendiami planet ketiga di tata surya tersebut.

Review:

jupiter-ascending-tatum-kunis-rocket-boots

Pada tahun 1999, dunia perfilman dikejutkan oleh sebuah tonton sci- fi berjudul The Matrix, yang bukan saja memiliki jalinan cerita cerdas, namun juga melahirkan terobosan- terobosan baru di dunia perfilman. Terobosan yang paling dikenal adalah teknik bullet time, di mana puluhan kamera dipasang mengelilingi objek untuk memberikan efek freeze yang mengelilingi sebuah objek. Dan yang bertanggung jawab atas terobosan tersebut adalah 2 saudara kandung bernama Andy dan Larry Wachowski, atau yang lebih dikenal dengan julukan The Wachowski Brothers, sebelum akhirnya Larry memutuskan untuk menjadi transgender, dan merubah namanya menjadi Lana serta akhirnya duet tersebut dikenal dengan sebutan The Wachowski.

Jupiter-Ascending

Paska The Matrix, bisa dikatakan tidak ada satupun film- film mereka yang mampu menyaingi kesuksesan film tersebut. Meskipun sebenarnya banyak terobosan- terobosan yang coba diangkat lewat film- film setelahnya. Sebut saja dengan menggunakan beberapa aktor untuk lebih dari 2 peran lewat Cloud Atlas (hanya Lana yang menyutradarai), lalu tampilan anime lewat Speed Racer, dan masih banyak lainnya. Namun meskipun begitu, hampir keseluruhan film The Wachowski menyandang status cult.

91133

Proyek Jupiter Ascending adalah salah satu proyek ambisius mereka, yang diharapkan akan melahirkan sebuah franchise baru layaknya The Matrix. Treatment yang digarap dengan tingkat keseriusan cukup tinggi, sampai universe yang dibuat begitu detail, benar- benar menunjukan usaha keduanya untuk kembali lagi melahirkan sebuah franchise yang mudah- mudahan dapat memberikan terobosan khusus bagi dunia perfilman.

dsadasad

Yang paling menarik dari Jupiter Ascending adalah disain karakter yang menarik serta disain kendaraan yang sangat bagus dan unik. Karakter- karakter yang diceritakan merupakan proses penggabungan DNA manusia dengan DNA hewan, yang sesuai dengan tujuan hidupnya (lebah untuk pekerja, serigala untuk pemburu, kadal untuk bodyguard) memang sangat menarik. Apalagi melihat disain karakter kadal humanoid, yang membuat disain karakter The Lizard-nya The Amazing Spider- Man seperti salah satu teman Barney. Disain kendaraan, khususnya pesawat- pesawat luar angkasa yang digunakan, benar- benar unik dan menarik. Hanya saja, tampilan visual yang fantastis tersebut tidak diiringi dengan kualitas 3D yang memukau.

jupiter-ascending-lizard

Cerita yang ditawarkan sebenarnya tidak berbeda dengan kisah- kisah tentang lost princess yang pernah ditampilkan sebelumnya. Sajian space opera serta beberapa unsur fairy tale di film ini sayangnya tidak didukung oleh sebuah kisah yang kuat. Naskah tidak sebagus The Matrix, meskipun bagi saya pribadi naskah The Matrix-pun masih tergolong biasa- biasa saja. Nampak memang usaha The Wachowski hanya berfokus kepada disain- disain visual saja. Namun yang masih dimaafkan adalah kisah dalam film Jupiter Ascending ini masih jauh lebih sederhana dan mudah dimegerti dibandingkan The Matrix.

maxresdefault

Untuk jajaran pemeran tersendiri ada yang cukup menggelitik, khususnya bagi saya pribadi. Di benak saya, Channing Tatum adalah regenerasi dari Keanu Reeves, yang menjadi tokoh utama di trilogi The Matrix. Mereka berdua saya nilai cukup beruntung, selain memiliki wajah yang digandrungi kaum hawa (dan beberapa kaum adam), juga memiliki keberuntungan dalam hal mendapatkan peran- peran yang menjadi pusat perhatian. Padahal untuk ukuran akting masih biasa- biasa saja (sebelum akhirnya saya merubah penilaian Tatum setelah menonton Foxcatcher). Chemistry Tatum dan Kunis juga cukup pas dan tidak terlihat kaku, meskipun untuk seorang lost princess, masih banyak aktris terkenal lainnya yang lebih cocok dibandingkan Kunis. Eddie Redmayne, yang memang sangat pas memerankan villain, sayangnya terlalu “drama” dalam membawakan karakter Balem, sehingga jauh dari kesan menyebalkan, mengerikan, atau menakutkan, yang menjadi kewajiban seorang karakter villain.

jupiter-ascending-screen-grab

Then again, sebagai sebuah usaha untuk membuat sebuah franchise baru, kinerja The Wachowski memang harus diberikan kredit tersendiri. Tapi ingat, hanya dalam urusan disain visual. Kisah yang sebenarnya memiliki potensi menjadi sebuah naskah yang menarik kurang begitu digali lebih jauh. Untung saja, adegan laga pamungkasnya benar- benar mampu membayar naskah yang kurang greget tersebut. Untuk melanjutkan sebuah sekuel, meskipun memiliki animo yang kurang memuaskan, namun jika nantinya bisa menutup biaya produksi, masih ada kemungkinan 2 sekuel langsung dibuat untuk menggenapkan menjadi sebuah trilogi. Dan yang sudah dapat dibayangkan adalah seluruh film- film sekuelnya pasti judulnya 2 kata dengan kata pertama adalah Jupiter. Sehingga trilogi ini disebut Jupiter Trilogy. (dnf)

Rating:

7/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s