Kingsman: The Secret Service (2015)

Harry Hart: Are we going to stand around all day or are we going to fight?

kingsman-poster-main

Directed By: Matthew Vaughn

Cast: Taron Edgerton, Colin Firth, Samuel L. Jackson, Mark Strong, Michael Caine, Sofia Boutella, Sophia Cookson, Samantha Womack, Mark Hamill, Geoff Bell

Synopsis:

Dalam sebuah misi di Timur Tengah pada tahun 1997, seorang agen rahasia Kingsman, sebuah organisasi mata- mata independen, mengorbankan nyawanya dan berhasil menyelamatkan rekan- rekan lainnya. Salah satunya adalah Harry Hart (Colin Firth). Merasa berhutang budi sekaligus bersalah, Harry mengantarkan medali kepahlawanan secara langsung ke janda sang agen beserta anaknya, Eggsy.

17 tahun kemudian, saat sedang mencoba menyelamatkan seorang profesor James Arnold (Mark Hamill), seorang agen rahasia, Lancelot (Jack Davenport) tewas terbunuh Gazelle (Sofia Boutella). Diketahui dalang dari penculikan tersebut adalah atasan Gazelle, seorang industrialis bernama Richmond Valentine (Samuel L. Jackson).

Untuk menggantikan posisi Lancelot, Arthur (Michael Caine), pimpinan Kingsman, mengutus semua agennya untuk mencalonkan seorang anak muda untuk dilatih dan diseleksi. Harry mencalonkan Eggsy (Taron Edgerton), yang dinilianya memiliki bakat besar namun menyia- nyiakannya hanya untuk kehidupan jalanan dan kriminal.

Eggsy-pun kemudian dilatih dibawah pengawasan Merlin (Mark Strong), untuk bersaing dengan kandidat lainnya, sementara Harry ditugasi untuk menghentikan Valentine, yang memiliki rencana jahat dan membahayakan umat manusia.

Review:

kingsman-the-secret-service1

Mark Millar adalah salah satu comic writer yang cukup berpengaruh selama beberapa tahun ke belakang. Dialah yang bertanggung jawab memberikan sebuah story arc yang cukup fenomenal di dunia Marvel. Sebuah cerita yang nantinya akan diadaptasi menjadi jilid ketiga film Captain America. Yep, Civil War. Selain Civil War, Millar pernah juga menangani beberapa seri cerita Marvel lainnya, seperti The Ultimates, Wolverine, dan X-Men. Millar juga sempat menangani komik- komik DC. Karyanya yang cukup populer adalah Superman: Red Son, yang dengan menggunakan teori what if, mengisahkan seandainya Kal- El bayi mendarat di ukraina, bukan di Amerika.

KSS_JB_D27_02661.CR2

Namun karya- karya Millar yang paling menarik adalah seri- seri komik dengan karakter- karakter dan cerita yang dibuatnya sendiri di luar patent komik- komik besar seperti Marvel atau DC. Line komik yang disebut sebagai Millarworld tersebut telah menelurkan beberapa karya yang terkenal seperti Kick- Ass, Chosen, War Heroes, Wanted, Superior, Nemesis, Jupiter Legacy, dan Supercrook. Dan sebuah kisah spionase yang dibuat atas dasar kecintaannya terhadap kisah- kisah spionase tahun 60-an berjudul The Secret Service.

2014-KINGSMAN-THE-SECRET--008

Sebagai catatan, film Kingsman: The Secret Service yang diadaptasi dari kisah The Secret Service menggunakan metode adapatsi kisah Wanted. Di mana film tersebut bukan adaptasi murni dari kisah komiknya. Melainkan hanya menggunakan plot utama dengan menggantikan beberapa unsur penting, bahkan karakterisasi dan nama karakter- karakter pentingnya. Dalam kisah komik karakte Harry Hart adalah Jack London, yang merupakan paman dari Gary London, karakter yang dirubah menjadi Gary “Eggsy” Unwin.

kingsmanvalentine

Penggabungan antara nuansa aksi spionase klasik serta pop culture modern menjadi daya tarik tersendiri bagi film ini. Bisa dikatakan Kingsman: The Secret Service adalah gabungan dari Kick-Ass, Men In Black, serta puluhan judul spionase 60-an seperti seri James Bond, The Man From U.N.C.L.E, dan The Avengers (The espionage movie, not the superhero movie). Bahkan jika ditelaah, karakter- karakter yang ada di film ini memang diperuntukkan sebagai tribute film- film spionase klasik. Karakter Valentine yang dengan gaya serta cara berbicara yang unik merupakan perwakilan karakter villain jaman dulu yang memiliki ciri khas unik. Serta seorang henchman yang memiliki cacat tubuh unik serta senjata yang menjadi trademark-nya. Segala pernak- pernik yang menjadi tribute bagi film- film spionase klasik lainnya tidak luput pula dihadirkan di film ini. Dari stereotype spionase yang charming serta memiliki template yang membuat pria iri dan wanita suka, gadget senjata yang disamarkan menjadi peralatan sehari- hari, crazy villanous scheme, dan spacesuit. Bahkan jika ditelaah, judul Kingsman: The Secret Service hampir mirip dengan On Her Majesty’s Secret Service. Menggunakan sebutan kerajaan sebelum diikuti oleh kata “Secret Service”. Serta plot inti film yang mirip dengan Moonraker.

colin-firth-in-KINGSMAN-THE-SECRET-SERVICE_

Perubahan kisah serta karakter yang tampil di film ini, tidaklah mengganggu. Karena disupervisi secara langsung oleh 2 kreatornya, Mark Millar dan Dave Gibbons. Jadi masih tetap setia dengan unsur fun dan spirit yang dianut oleh komik aslinya. Vaughn- pun tidak serta merta terlalu melenceng jauh dari komiknya. Beberapa adegan tribute tetap ditampilkan di film ini, meski dengan cara yang agak sedikit berbeda. Seperti mengapa Mark Hamill terpilih untuk memerankan karakter yang diculik di awal kisah. Bagi yang sudah membaca komiknya, pasti dengan mudah akan mengerti, bahwa pemilihan aktor tersebut bukan tanpa tujuan.

dadasdadas

Dan pemilihan Matthew Vaughn sebagai sutradara merupakan sebuah keputusan yang tepat. Vaughn mempunyai visi yang sangat bagus dalam mengadaptasi sebuah kisah komik, apalagi jika diharuskan memberikan baseline kisah awal. Kita bisa menyaksikan bagaimana dia mengeksekusi Kick- Ass dan memberikan origins yang fresh dalam franchise X-Men lewat The First Class. Alasan mengapa Vaughn merupakan salah satu sutradara comic to movie yang terbaik adalah kemampuannya untuk menyajikan sajian berbeda yang fresh di antara film- film superhero lainnya. Seperti kita ketahui, paska Batman Begins, tone film- film superhero sudah mulai ke arah serius dan dark. Bahkan Marvel Cinematic Universe juga mencoba hal serupa melalui Iron Man 3. Pendekatan Vaughn lebih cenderung fun. Itu pula yang membuat saya merasa aneh, kenapa sampai sekarang belum ada satupun film MCU yang disutradrai olehnya. Karena secara vision, sangat pas dengan film- film keluaran Marvel.

colin-firth-shows-his-karate-chops-in-kingsman-the-secret-service

Dari segi pemilihan pemain, Colin Firth dan Taron Edgerton sudah cukup pas menjadi pemeran utama. Chemistry di antaranya cukup kuat. Firth, surprisingly bisa beradegan aksi ala James Bond sekaligus bertingkah layaknya seorang gentleman. Edgerton tidak memiliki wajah yang terlalu tampan, namun cukup charming untuk menjadi seorang agen mata- mata. Gayanya pun cukup pas dan gesture-nya pun sangat pas, baik sebagai seorang mata- mata maupun sebagai seorang brandalan jalanan. Sofia Boucella, Mark Strong, serta Michael Caine juga cukup pas. Bagi saya pribadi, hanya Samuel L. Jackson yang sepertinya agak miscast. Penampilannya yang ingin mencontoh seorang geek layaknya karakter villain komiknya, sangat kurang pas. Dan aktingnya pun tidak terlalu menakutkan. Aktingnya masih jauh lebih baik ketika berperan menjadi villain di Django Unchained dan Unbreakable.

Kickboxer-Poster-640

Meskipun memiliki kombinasi antara aksi dan komedi yang cukup pas, namun eksekusi cerita masih memiliki beberapa kekurangan. Di antaranya adalah plothole serta terlalu terburu- buru di beberapa adegan. Namun secara overall, Kingsman: The Secret Service, merupakan sebuah sajian menghibur yang menyenangkan. Hanya yang cukup disayangkan adalah penyensoran adegan di gereja yang sebenarnya merupakan turnover penting dari film ini. Sekaligus perwakilan salah satu adegan fenomenal dari komiknya. Bukan tidak mungkin ke depannya ini bakal menjadi sebuah tonggak baru sebuah franchise. We definitely want a sequel.. cause Kingsmen: The Secret Service does really have “License to Thrill”. (dnf)

Rating:

8.5/10

8 thoughts on “Kingsman: The Secret Service (2015)

  1. Stlh menonton flm ini kesan yg bs aq brkn adalah film ini keren,asyik&fun,pokoknya istimewa dh. pemilihan cast, naskah, acting, action, comedy terasa sngt pas. Mengobati kekecewaan stlh mntn 7th son&jupiter ascending, yg cm keren di Trailer tp trnyta flmnya mengecewakan!!!! y smg ada sequelnya & ttp Matthew Vaughn Yg menyutradarainya shga flmnya ttp sekeren tau mlh melebihi flm awal ini^.^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s