Focus (2015)

Nicky: I wish you a very best of luck

McEwen: With a friend like you. I don’t need luck.

poster

Directed By: Glenn Ficarra, John Requa

Cast: Will Smith, Margot Robbie, Rodrigo Santoro, Adrian Martinez, Gerard McRaney, Robert Taylor, Brennan Brown, BD Wong

Synopsis:

Setelah gagal menjadi target pemerasan oleh Jess (Margot Robbie), seorang penipu amatir, Nicky (Will Smith), yang ternyata adalah seorang penipu ulung dan profesional, diminta tolong oleh Jess, untuk membekali dirinya dengan ilmu menipu, mencopet, mencuri, dan bentuk- bentuk kejahatan kecil lainnya. Jess-pun diterima sebagai “intern” di kawanan Nicky dan ikut terlibat dalam beberapa aksi kriminalnya. Hubungan merekapun lambat laun menjadi hubungan cinta. Namun untuk menjaga profesionalisme, Nicky-pun mengeluarkan Jess dari kawanannya dan mereka berpisah.

3 tahun kemudian, Nicky, dimintai bantuan oleh seorang miyuner, Garriga (Rodrigo Santoro), yang memiliki tim mobil balap untuk menjadi mata- mata di kubu rivalnya, McEwen (Robert Taylor). Namun ternyata, Jess, yang mengaku telah tobat telah menjadi kekasih Garriga. Sekali lagi Nicky diuji profesionalismenya dengan memilih antara tetap menjalankan misi yang diemban dan tetap setia kepada Garriga, atau memanfaatkan situasi untuk memenagkan kembali hati Jess.

Review:

_87C3258.dng

Bisa dikatakan Focus sedikit banyak mendapatkan promosi gratis oleh Zack Snyder. Pasalnya dua bintang utama yang menjadi unggulan film ini sedang menjadi buah bibir di kalangan pecinta film sekaligus pecinta komik. Seperti kita ketahui, Will Smith dan Margot Robbie terpilih untuk meramaikan jajaran cast film adaptasi komik DC, Suicide Squad dengan masing- masing berperan sebagai Deadshot dan Harley Quinn. Namun jika Margot Robbie mendapatkan apresiasi positif karena memang secara fisik dan kharisma sangat dibutuhkan untuk karakter occasionally- love- interest-nya The Joker, Will Smith malahan mendapatkan respon kurang memuaskan sebagai Deadshot, karena dianggap kurang cocok dalam memerankan seorang assassin berdarah dingin di samping dari warna kulit jauh berbeda dengan karakter yang aslinya memiliki ras caucassian.

maxresdefault

Lewat film ini, more or less, Will Smith dan Margot Robbie memiliki misi masing- masing untuk perannya di Suicide Squad nanti. Jika Robbie ingin lebih dikenal oleh para fans komik, yang pastinya akan menonton film ini demi melihat “siapa sih Margot Robbie itu?”, lain dengan Will Smith, yang menginginkan restu dari para fans sebagai seorang kriminal. Bisa dikatakan peran yang diambil oleh kedua bintang tersebut sedikti banyak sama dengan peran yang akan dimainkan oleh keduanya lewat Suicide Squad. Di mana keduanya merupakan kriminal yang masuk dalam satu kawanan, lalu terlibat hubungan yang bisa merusak nilai profesional mereka. Seperti banyak diketahui oleh para fans komik, Harley Quinn sempat menjali hubungan dengan Deadshot, bahkan jika kita saksikan di film Assault on Arkham, secara sekilas sempat menggambarkan adegan ini.

margot-robbie-focus-679x350

Jika ingin disebutkan siapakah bintang dari film ini, saya akan katakan Margot Robbie, meskipun top-billed jelas dipegang oleh ayah dari Jaden Smith. Robbie mampu menampilkan kharisma seorang wanita yang diam- diam menghanyutkan di samping pesonanya yang memang benar- benar luar biasa. Dijamin sebagian besar pria yang diharuskan bekerja sama berdua dengannya akan kehilangan “fokus” dan profesionalismenya. Apalagi ditambah dengan beraninya Robbie untuk menampilkan nip*les secara jelas di film ini. On the contrary, Will Smith, malah seperti mengulang peran Hitch. Meskipun dari segi akting masih cukup bagus, namun sepertinya Smith masih kurang pas berperan sebagai seorang kriminal. Jika ingin dibandingkan, masih lebih mending Brad Pitt di film Ocean’s Eleven. Malahan, saya pribadi membayangkan, peran Nicky akan lebih sempurna jika dimainkan oleh Brad Pitt.

url

Pada dasarnya, Focus adalah sebuah film drama komedi romantis yang dicampur dengan plot crime ala- ala Ocean’s Eleven. Meskipun masih terbuka lebar bagi para penonton untuk menginterpretasi karakteristik Nicky dan Jess, yang apakah mereka benar- benar saling jatuh cinta, atau hanya saling memanfaatkan satu sama lain untuk saling mencapai tujuan pribadi masing- masing. Namun naskah yang ditulis langsung oleh duo sutradara cukup rapi dan bisa dikatakan cerdas. Hanya saja, jadi terjebak antara apakah akan mengarahkan alur kisah ke sebuah kisah romantis atau ke sebuah kisah kriminal biasa.

med_1412955866_image

Untungnya Ficarra dan Requa masih mampu menyelipkan twist yang terjaga rapi hingga akhir kisah, yang sedikit banyak akan menyelamatkan reputasi film ini sebagai sebuah crime drama. Di samping itu, beberapa trik kejahatan, juga ditampilkan di film ini, yang pastinya akan menambah ilmu bagi para penonton untuk lebih waspada, di samping juga akan memberikan ide- ide bagi para kriminal yang kebetulan nonton film ini. Yang patut diberikan apresiasi lagi adalah sisi sinematografi serta disain produksi yang mampu menampilkan efek suram, yang mewakili karakteristik kehidupan karakter- karakter utama yang menjalani hidup sebagai seorang kriminal. Selain itu, tentu saja pemilihan lagu- lagu pengiring, yang sangat bagus dan memang benar- benar melebur dengan adegan di layar.

29vndkg

Boleh jadi, Focus, menjadi ajang pembuktian Margot Robbie, bahwa dia memang sangat pantas memerankan Harley Quinn, dan membuat para pecinta komik akan jatuh hati terlebih dahulu sebelum Suicide Squad tahun depan. Namun bagi Will Smith, bisa jadi malahan membuat para fans komik semakin tidak setuju. Sekali lagi, bukan karena faktor kualitas akting, hanya saja masalah cocok tidaknya. Namun secara keseluruhan, Focus merupakan sebuah film hiburan yang cukup menarik. Dengan melibatkan kisah cinta yang disukai wanita, serta kisah “tipu sana tipu sini” yang pastinya bakal digemari para pria. So, never lose your Focus. (dnf)

Rating:

7.5/10

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s