The Divergent Series: Insurgent (2015)

Tris: Once a stiff always a stiff

Psoter

Directed By: Robert Schwentke

Cast: Shailene Woodley, Theo James, Miles Teller, Ansel Elgort, Kate Winslet, Jai Courtney, Mekhi Phifer, Zoe Kravitz, Ben Lloyd- Hughes, Ashley Judd, Naomi Watts, Tony Goldwyn, Ray Stevenson, Maggie Q, Daniel Dae Kim

Synopsis:

Setelah berhasil kabur dari kejaran kaum Erudite di bawah komando Janine (Kate Winslet), Tris (Shailene Woodley), Four (Theo James), Peter (Miles Teller), dan Caleb (Ansel Elgort) bersembunyi di tempat tinggal kaum Amity. Namun setelah mendapat serbuan tentara Erudite di bawah komando Max (Mekhi Phifer) dan Eric (Jai Courtney), keempatnya harus berpencar untuk menyulitkan perburuan tentara kejam tersebut.

Janine ternyata sedang mencari kaum Divergent terkuat yang dapat membuka kunci kotak pesan para pendiri yang diyakini dapat memusnahkan kaum Divergent. Untuk memerangi Janine, mau tidak mau Four dan Tris harus mengalahkan ketakutan dan ego masing- masing. Four harus berdamai dengan ibu yang meninggalkannya dari kecil dan sekarang telah menjadi pimpinan kaum Factionless, Evelyn (Naomi Watts), sementara Tris harus memaafkan dirinya yang menjadi penyebab kematian kedua orangtuanya dan temannya, Will.

Review:

INSURG022515BIGPIC

Bagi para penonton pria jangan bosan dulu dengan adaptasi novel Young Adult, pasalnya paska Twilight, genre novel yang biasanya digemari oleh wanita muda ini menjadi salah satu unggulan para produser untuk mengeruk keuntungan. Selain itu, tidak sedikit bintang- bintang muda yang unjuk kebolehan dan meraih popularitas lewat genre film semacam ini. Meskipun pada kenyataannya tidak banyak adaptasi franchise novel Young Adult yang sukses memfilmkan keseluruhan seri novelnya. Jika dicatat hanya Harry Potter, Twilight, dan The Hunger Games yang berhasil menamatkan franchise-nya di layar lebar. Khusus untuk film terakhir akan segera tayang tahun ini.

51587.cr2

Adapun yang paling menarik dari franchise Divergent adalah ketiga aktor muda utamanya sempat menjadi pasangan Shailene di film- film berbeda. Theo James di franchise ini, Ansel Elgort di The Fault in Our Stars, dan Miles Teller di The Spectacular Now. Selain tentunya menampilkan Shailene Woodley yang saat ini menjadi salah satu komoditas panas di jajaran aktris muda Hollywood. Hanya saja nasibnya kurang beruntung kala telah terpilih menjadi Mary Jane di The Amazing Spider- Man, bahkan di IMDB namanya sempat tertulis akan berperan di seri ke-3 dan ke-4 reboot manusia laba- laba tersebut sebelum akhirnya Sony memutuskan untuk me-reboot ulang film superhero tersebut dikarenakan hasil akhir yang mengecewakan dan juga untuk membuka jalan agar sang webslinger bisa masuk ke MCU.

thumbnail_20327

Film ini masih memiliki format yang sama dengan film- film sejenis lainnya dalam masalah casting. Untuk pemeran utamanya dipilihlah aktor- aktris baru dengan bayaran murah namun memiliki tampang cukup menjual (Shailene Woodley dan Jennifer Lawrence waktu terpilih masih merupakan pendatang baru dan belum memiliki ketenaran seperti sekarang), lalu untuk mendampingi mereka, dipilihlah aktor- aktris senior dengan akting yang sudah teruji untuk menyeimbangkan kualitas akting, yang mungkin gagal dipertontonkan oleh bintang- bintang muda tersebut. Maka itu melalui film ini, beberapa nama senior seperti Ashley Judd, Tony Goldwyn, Naomi Watts, dan Kate Winslet diikutsertakan.

insurgent

Woodley cukup bagus dalam memerankan Tris, dan sekali lagi membuktikan bahwa dirinya masih cukup lovable. Ansel Elgort sangat pas membawakan peran anak laki- laki yang tidak punya nyali, dan membuat benci para penonton. Jai Courtney yang memang sangat cocok memerankan antagonis, sangat pas sebagai Eric. Dan di antara jajaran pemeran muda, Miles Teller-lah yang benar- benar bisa menjadi scene stealer dengan akting wataknya yang bisa membuat penonton membencinya di beberapa adegan, dan menyukainya di beberapa adegan lainnya. Yang malah disayangkan adalah performa Theo James, yang kaku dan sepertinya benar- benar hanya mengandalkan tampang. Di antara pemeran senior, Kate Winslet yang paling menonjol sebagai Janine yang control freak dan kejam. Namun yang paling mencuri perhatian adalah Naomi Watts yang benar- benar bikin pangling dan tampak jauh lebih muda.

11358.cr2

Insurgent adalah salah satu contoh sebuah sekuel yang cukup sulit diikuti jika belum menonton film pertamanya. Banyak sekali istilah- istilah atau kejadian di film pertama yang sangat penting bagi film kedua namun tidak diulang untuk dijelaskan di film ini. Jika dilirik lebih jauh, Insurgent cukup bisa menghibur bagi para pria. Adegan aksi lumayan banyak dengan tingkat intensitas yang cukup naik dibandingkan film pertamanya. Hanya saja, karena memang diadaptasi dari novel wanita, unsur- unsur romansa menye- menye yang terkadang salah waktu tersebut, malah menjadi perusak tensi ketegangan. Pasalnya tidak jarang drama menye- menye itu diselipi di adegan aksi tegang.

xsaa

Sebagai bagian dari sebuah saga, Insurgent memang cukup memberikan pondasi yang kuat untuk kelanjutan cerita. Di samping itu, peningkatan akting sebagian besar pemain mudanya (kecuali Theo James yang malah melempem), cukup memberikan sumbangsih tersendiri akan keasyikan menonton film ini. Di samping itu, faktor action sequence yang cukup royal diumbar di film ini, menjadikan penonton pria tidak bosan duduk di bangku penonton. Sekali lagi, Insurgent merupakan salah satu contoh sebuah film Young Adult tidak serta merta menjadi terlalu cheesy dan mudah dinikmati setiap gender. (dnf)

Rating:

7/10

2 thoughts on “The Divergent Series: Insurgent (2015)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s