Fast and Furious 7 (2015)

Dom: One last ride

Furious7onelastposterbig

Directed By: James Wan

Cast: Paul Walker, Vin Diesel, Dwayne Johnson, Jason Statham, Kurt Russell, Michelle Rodriguez, Jordana Brewster, Ludacris, Tyrese Gibson, Lucas Black, Gal Gadot, Sung Kang, Elsa Pataky, Nathalie Emmanuel, Luke Evans, Djimon Honsou, Tony Jaa, Ronda Rousey

Synopsis:

Setelah melakukan tugas terakhirnya untuk Luke Hobbs (Dwayne Johnson) dalam meringkus penjahat profesional, Owen Shaw (Luke Evans), kawanan pembalap ulung yang dipimpin oleh Dominic Torretto (Vin Diesel) hidup damai di rumahnya masing- masing. Namun satu per satu anggota tim pembekuk Owen Shaw diserang oleh sang kakak, Deckard Shaw (Jason Statham). Deckard, yang juga seorang mantan anggota pasukan khusus berhasil membunuh Han (Sung Kang) dan melumpuhkan Hobbs.

Dom yang ingin membunuh Shaw didatangi seorang agen pemerintah yang memiliki nama samaran Mr. Nobody (Kurt Russell) yang menawarinya bantuan untuk meringkus Shaw asalkan Dom dan tim mau membantunya menangkap seorang hacker Ramsey (Nathalie Emmanuel) yang telah menciptakan sebuah software bernama God’e Eyes yang mampu meretas seluruh jaringan ponsel dan kamera maupun microphone seluruh dunia. Hanya saja Ramsey ternyata ditawan oleh seorang teroris bernama Jakande (Djimon Honsou).

Sekali lagi Dom beserta Brian (Paul Walker), Tej (Ludacris), Roman (Tyrese Gibson), dan Letty (Michelle Rodriguez) harus bekerja sama dengan penegak hukum demi bisa menangkap Shaw dan membalaskan dendam atas kematian Han.

Review:

Paul-Walker-and-Vin-Diesel1

Ketika dirilis tahun 2001 tidak ada yang menyangka bahwa salah satu film kuda hitam yang juga merupakan adaptasi bebas dari film Point Break ini akan menjadi sebuah franchise terlaris dan terpopuler di Hollywood. Kesuksesan film The Fast and The Furious tersebut kontan juga melambungkan 2 aktor utamanya, Vin Diesel dan Paul Walker, selain juga mempopulerkan trend modifikasi mobil, khususnya penggunaan neon sebagai asesoris mobil. Namun dalam perjalanannya franchise tersebut tidak serta merta selalu mulus. Jilid kedua dan ketiganya mendapatkan respond kurang sedap. Namun setelah seorang sutradara muda bernama Justin Lin, memberian dobrakan- dobrakan segar di setiap jilid yang ditanganinya, kontan franchise ini semakin melejit sebagai salah satu komoditi panas perfilman Hollywood.

owjqdofafdja

Selama lebih dari satu dekade, franchise yang merupakan hasil dari buah pemikiran Gary Scott Thompson ini menjelma menjadi salah satu franchise berpengaruh di blantika perfilman dunia. Pasalnya banyak film- film aksi kebut- kebutan, yang lahir akibat suksesnya franchise ini. Sebut saja semacam Dead Race, Torque, Italian Job, dan yang paling ketara, Need For Speed. Namun track record membuktikan bahwa belum ada satu franchise aksi balappun yang mampu mengungguli franchise ini. Sayangnya dalam proses pembuatan jilid ketujuhnya ini, sebuah kabar buruk sempat mengangetkan para fans dan juga moviegoer. Salah seorang pemain inti dalam franchise ini, Paul Walker meninggal dunia setelah sebuah kecelakaan menutup usianya di akhir tahun 2013 lalu. Such a poetic death, mengingat Walker meninggal di dalam sebuah fast- fancy car. Sementara satu- satunya film Walker yang sukses adalah franchise yang menceritakan tentang fast- fancy car juga.

jsoadasafse

James Wan yang kali ini menggantikan posisi Justin Lin dalam menahkodai proyek pembuatan film ini, nampaknya sangat memperhatikan masalah ini. Selain bisa menjadi suatu nilai jual, juga bisa memberikan efek dramatis serta drama keluarga seperti motto yang diusung dalam gank-nya Dominic, Family. Banyak adegan- adegan yang pastinya dapat menimbulkan perasaan haru yang sepertinya didedikasikan sebagai saying goodbye-nya Paul Walker terhadap seri yang membesarkan namanya ini, selain juga farewell speech, terhadap dirinya yang disampaikan kepada fans. Dan memang cara Wan menampilkan adegan- adegan tersebut benar- benar mampu memberikan efek drama yang menyegarkan franchise ini dan dapat menyentuh hati para fans.

fodhffy9ws fopw

Hanya saja, sebenarnya di film ini Wan masih terlihat kurang pede. Mungkin dikarenakan keraguan para fans atas kemampuannya memegang tongkat estafet dari Lin, mengingat Wan lebih piawai dalam urusan film horor dan thriller ketimbang aksi seru. Tanpa gimmick saying goodbye-nya Paul Walker tadi, Wan hanya mengulang apa yang pernah disajikan Lin di film- film sebelumnya. Kemunculan Kurt Russell yang menunjukkan penambahan bintang aksi laga layaknya yang sempat disajikan Lin lewat kemunculan The Rock dan Jason Statham. Tony Jaa yang seperti pengulangan formula menggunakan bintang action asal Asia sebagai henchman seperti yang sempat ditampilkan melalui Joe Taslim di film sebelumnya. Lalu ada Ronda Rousey yang mirip dengan penggunaan Gina Carano, aktris wanita yang jago martial art. Dan yang terpenting adalah kemunculan pemeran- pemeran seri sebelumnya yang kali ini diwakili oleh Lucas Black, Noel Gugliemi, serta footage dari jilid tiga yang menampilkan Bow Wow dan Nathalie Kelley.

oehohodad

Namun dalam urusan aksi laga, James Wan sepertinya mampu meng-kick balik para fans yang pesimis dengan pemilihannya dulu. Wan mampu menghadirkan aksi seru yang pastinya bisa memacu adrenalin penonton. Mulai dari perkelahian tangan kosong, ledakan, sampai kebut- kebutan seru yang memang menjadi nilai jual utama film ini. Selain itu yang layak juga diberikan apresiasi tersendiri adalah faktor CGI-nya. Seperti yang disebutkan sebelumnya, Paul Walker meninggal sebelum proses syuting rampung, dan belum semua adegan yang menggunakan dirinya selesai diambil. Posisinya kemudian diganti oleh Caleb dan Cody Walker, yang merupakan 2 saudara kandungnya dengan polesan CGI untuk mengganti wajah mereka dengan wajah Walker. Mirip dengan yang dilakukan lewat film The Crow dulu. Mengapa saya bilang CGI yang ditampilkan sangat bagus? Karena tidak ada satu adeganpun yang bisa kita tebak, mana yang memang dimainkan oleh Paul Walker, mana yang menggunakan body double kedua saudaranya tersebut. Di sisi lain, soundtrack juga dihiasi oleh alunan musik- musik, yang didominasi oleh genre Hip Hop, yang menyatu dengan adegan di filmnya. Memang sejak film pertamanya, soundtrack telah menjadi salah satu kekuatan tersendiri bagi setiap seri filmnya.

maxresdefault

In the end, James Wan telah menghasilkan konklusi atas apa yang telah di gariskan oleh Justin Lin sebelumnya, lewat film terakhir yang memilliki judul resmi Furious 7 ini. Meskipun ending yang ditampilkan masih bisa membuka kemungkinan sebuah sekuel, namun berita yang beredar menyebutkan bahwa jajaran cast tidak mau meneruskan perannya di franchise ini sebagai bentuk apresiasi terhadap Walker. Dan memang kita semua setuju. The Fast and The Furious bukanlah The Fast and The Furious tanpa duet Diesel dan Walker. Sudah dibuktikan di jilid 2 dan 3 yang tidak menampilkan kolaborasi 2 aktor tersebut, dan tercatat sebagai 2 seri terburuk dari franchise ini. Lucas Black- pun yang awalnya digadang sebagai pengganti Walker ternyata tidak mampu menampilkan kharisma sang aktor. So, what do you think guys? Apakah sebaiknya franchise ini tetap diteruskan tanpa adanya Walker? Atau memang sudah saatnya serial ini ditutup menghindari kemungkinan pengganti Walker malah menjadikan kelanjutan film ini terpuruk? (dnf)

Rating:

8/10

pssv

Farewell Paul! Hope you Enjoyed your one last ride!

2 thoughts on “Fast and Furious 7 (2015)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s