Spy (2015)

Bradley Fine: I told you, Coop. You should’ve stayed in the basement.

spy_poster-2

Directed By: Paul Feig

Cast: Melissa McCarthy, Jude Law, Jason Statham, Rose Byrne, Morena Baccarin, Peter Serafinowicz, Bobby Cannavale, Miranda Hart, Nargis Fakhri, Raad Rawi, 50 Cent

Synopsis:

Ketika tanpa sengaja membunuh seorang penjual senjata ilegal, Tihomir Boyanov (Raad Rawi) oleh agen rahasia CIA, Bradley Fine (Jude Law), CIA menugaskan kembali Fine untuk mendekati anak sang teroris, Rayna Boyanov (Rose Byrne). Namun Rayna berhasil membunuh Bradley. Rayna juga ternyata mengetahui identitas seluruh mata- mata yang dimiliki CIA.

Untuk itu, seorang asisten mata- mata, yang bertugas mengawasi aksi lapangan Fine, Susan Cooper (Melissa McCarthy), mencalonkan diri memata- matai Rayna, sebagai penebus kesalahan karena telah menyebabkan rekan kerja yang sekaligus pujaan hatinya tersebut tewas terbunuh. Direktur CIA, Elaine Crocker (Allison Janney) mau tidak mau menyetujui usulan tersebut karena identitas keseluruhan agen rahasia yang sudah bocor tersebut. Hal ini membuat iri salah satu agen rahasia Rick Ford (Jason Statham) yang langsung mengundurkan diri, namun tetap menyelidiki kasus tersebut karena tidak terima dikalahkan oleh seorang analisis yang sehari- hari bekerja di balik meja.

Review:

aqqqwe

Paska kesuksesan Bridesmaids di tahun 2011, nama sutradara Paul Feig mulai diperhitungkan sebagai salah satu sineas komedi. Tidak hanya itu saja, salah satu nama pemeran film yang menceritakan persaingan di antara pendamping mempelai wanita tersebut, Melissa McCarthy, juga ikut terangkat. Dan Feig pun ternyata cukup puas bekerja sama dengan aktris tambun tersebut, sehingga kembali memakai jasanya di 2 film berikutnya, The Heat dan Spy. Bahkan sutradara kelahiran tahun 1962 ini ikut mengajak sang aktris dalam reboot Ghostbusters yang ditanganinya.

url

Feig dan McCarthy mungkin belajar dari kesalahan film- film sebelumnya. Di mana tidak sedikit yang mencibir penampilan McCarthy. Bukan dari bakat aktingnya, namun dari penampilan fisik dan trademark peran nyebelin-nya. Untuk bentuk fisik mungkin sulit untuk dirubah dan sebaiknya jangan dirubah, karena itu menjadi salah satu ciri khas sang aktris. Namun dari karakterisasi peran Susan Cooper, tampak Feig tidak lagi menempelkan karakter menyebalkan. Hal ini membuat Susan Cooper menjadi karakter paling lovable dibandingkan karakter- karakter yang pernah diperankan McCarthy di film lainnya.

spy-2-gallery-image

Nuansa film spionase nampak di adegan- adegan awal dan juga karakterisasi masing- masing tokoh. Opening sequence dilanjutkan dengan opening title menampakkan nuansa film- film James Bond. Tampak memang di sini usaha Feig yang ingin membuat sebuah film bernuansa spionase 60-an. Influence karya- karya Ian Fleming sangatlah terasa. Sampai- sampai pemilihan aktor yang memerankan 2 karakter utamanya merupakan aktor Inggris. Jude Law, yang memang sempat dipertimbangkan menjadi pemeran James Bond. Dan Jason Statham, yang merupakan aktor laga paling top dari Inggris saat ini.

adeqwqe

Jude Law dan Jason Statham cukup baik memberikan peran agen mata- mata yang bertolak belakang. Jika Law bisa memberikan nuansa James Bond, baik dari cara berbicara, gesture, bahkan mimik mukanya. Statham bisa menampilkan peran mata- mata yang lebih sangar dengan akting yang berbeda dari biasanya. Di sini Statham tampil cukup lucu dan menghibur, dengan sempalan- sempalan bullshit untuk tampil bad ass. Hanya saja pemilihan Rose Byrne terasa miscast. Wajahnya yang sendu kurang begitu membaur dengan perannya sebagai teroris, meskipun di beberapa scene digambarkan kesadisannya.

jason-statham-in-spy-movie-4

Dari segi cerita jangan diambil pusing. Cerita yang ditampilkan sangat sederhana, bahkan jika dibandingkan dengan The Heat, masih lebih bagus film yang juga diperankan oleh Sandra Bullock tersebut. Twist yang diselipkan di akhir kisah juga tidak “wah” banget, bahkan sangat- sangat predictable. Namun Feig masih mampu menampilkan adegan- adegan kocak yang mampu mengocok perut penonton. Meskipun tidak bisa dikatakan fresh.

asda

Feig juga memberikan sentuhan yang cukup heartful dengan menampilkan hubungan Coop dan Rayna layaknya sebuah buddy cop movie. Coop dan Rayna yang di awal di setting menjadi sepasang nemesis, malah di dalam perkembangannya memiliki hubungan unlikely relationship. Selain itu, gambaran agen rahasiapun ditampilkan cukup manusiwai. Fine yang sangat parlente, gentleman, flamboyan layaknya Bond versi Sean Connery, ternyata bisa juga melakukan kesalahan sepele dengan tanpa sengaja membunuh seorang penjahat yang memiliki informasi rahasia penting hanya karena bersin. Selain itu Rick Ford digambarkan trying hard to be as macho as possible, namun sebenarnya kenyataannya berbanding terbalik dengan bullshit yang digembar- gemborkannya. Dan penampilan Statham sebagai Rick Ford bisa dikatakan yang paling menarik perhatian di film ini.

hinh_anh_quy_ba_diep_vien_spy__60

Spy merupakan sebuah film ringan yang cukup menghibur. Dengan tribute- tribute ala film- film spionase (minus taking over the world agenda), dan karakterisasi peran, bisa dikatakan Spy cukup berhasil menjadikan sebuah aksi komedi berbau cerita agen rahasia. Meskipun tidak semegah dan seasyik Kingsman, yang sudah duluan muncul di awal tahun, setidaknya film ini bisa menampilkan variasi tontonan di tengah gembar- gembornya aksi CGI dan ledakan- ledakan di film- film Summer. (dnf)

Rating:

7.5/10

One thought on “Spy (2015)

  1. Stlh Kingsman trnyta ada flm bertama mata2 yg asyik lg, y Spy skses membikin aq terpesona. sepanjang flm jg tetawa terus. Wl ini flm comedy, tp untuk scane fight dibuat dengan serius. Kl kalian menunggu Jason Statham main comedy di sinilah tmpatnya haha. Oya sang sutradara Paul Feig jg tampil cameo, waktu Susan Cooper (McCarthy) masuk hotel bobrok diawal misi, kmdian tb2 dibelakangnya ada pria mabuk yg kmudian menabrak tembok, itulah dia. Scane plng lucu untukq waktu Susan Cooper (McCarthy) balas dendam di pesawat dengan membikin Rayna Boyanov (Rose Byrne) jd sandwich manusia sm waktu Susan Cooper (McCarthy) naik scuter kocak abis. Flm ini g trlalu cocok dilihat untuk anak2 krn humornya untuk kalangan dewasa, banyak kt2 kotor&meraba2 dada (haha)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s