Survivor (2015)

The Watchmaker: Abbott is still alive

url

Directed By: James McTeigue

Cast: Milla Jovovich, Pierce Brosnan, Dylan McDermott, Roger Rees, James D’Arcy, Robert Forster, Angela Bassett, Frances De la Tour

Synopsis:

Kate Abbott (Milla Jovovich) adalah seorang ahli keamanan yang ditugasi di Kedutaan Besar Amerika di Inggris untuk mencegah masuknya teroris ke Amerika. Dia mencurigai seorang dokter bernama Emil Balan (Roger Rees) sebagai salah satu teroris yang masuk ke Amerika saat sedang mengurus izin visa.

Pihak yang ingin “mengekspor” Balan menyewa The Watchmaker (Pierce Brosnan) salah seorang pembunuh bayaran terkenal untuk membunuh Abbott. Namun sayangnya dalam usaha pemboman yang ditujukan ke Abbott malah membunuh teman- temannya, sementara Abbott selamat. Malangnya, bukti- bukti malah memojokkan Abbott sebagai pelaku peledakan bom tersebut.

Kini Abbott harus main kucing- kucingan dengan aparat pemerintah yang ingin menangkap dirinya sekaligus dengan The Watchmaker yang ingin menyelesaikan misinya, sambil berusaha untuk membersihkan namanya.

Review:

01751-Survivor-Photo Nick Wall.NEF

Paska kejadian 9/11, Amerika Serikat menjadi salah satu negara yang menyatakan diri melawan teroris. Meskipun ucapan “teroris” tersebut berujung kepada SARA, kejadian yang menjadi salah satu moment paling kelam dalam sejarah negara yang dipimpin oleh Obama tersebut kerap kali menelurkan propaganda- propaganda yang menimbulkan semangat patriotisme warganya dalam aksi teroris sekaligus menasbihkan kepada dunia bahwa mereka adalah polisi dunia yang selalu benar dan pihak manapun yang menjadi oposisi selalu salah. Anyway, mengenyampingkan masalah tersebut, tidak sedikit film- film yang menyuguhkan slogan Never Negotiate With Terrorists dibuat paska kejadian tersebut. Salah satunya adalah Survivor ini.

adqqdqeq

Di atas kertas, Survivor merupakan salah satu sajian menjanjikan yang dihinggapi oleh bakat- bakat yang tidak bisa dipandang remeh. Diproduseri oleh Irwin Winkler yang sempat memproduseri The Wolf of Wallstreet, Raging Bull, Rocky, The Net, dan Goodfellas. Disutradarai oleh James McTeigue yang sempat membidani V for Vendetta. Dan dibintangi oleh Pierce Brosnan, Milla Jovovich, Angela Bassett yang bisa dibilang sukses dalam genrenya masing- masing. Namun sayangnya, Survivor diproduksi dari naskah yang ditulis oleh Phillip Shelby, yang lebih terkenal sebagai penulis novel ketimbang penulis naskah. Dan Survivor adalah naskah pertama yang ditulisnya untuk film.

maxresdefault

Dari sinopsis sebenarnya film ini masih bisa dikembangkan menjadi sebuah thriller berbobot dengan tema cat and mouse antara 2 tokoh utama. Namun berbeda dengan The Fugitive yang sama- sama mengusung tema cat and mouse, Survivor tidak memiliki 2 pemain utama yang sanggup beradu akting seimbang. Pierce Brosnan sudah sangat pas menampilkan versi jahat dari James Bond. Milla Jovovich sebenarnya sudah cukup berpengalaman memerankan karakter tough girl macam ini. Lewat The Messenger: Story of Joan of Arc, The Fifth Element, sampai Resident Evil franchise sudah membuktikan dirinya mampu beradegan laga, sehingga untuk memerankan Kate Abbott, penampilannya sudah cukup natural dan baik. Namun jika untuk membintang utamai sebuah international thriller sepertinya dirinya belum cukup memiliki akting yang memadai. Apalagi jika harus beradu akting dengan Brosnan. Jajaran pemain lainnya juga sangat- sangat biasa saja, bahkan bakat sekelas Angela Bassett pun seperti disia- siakan lewat film ini. Terlebih Frances De La Tour yang sangat- sangat miscast berperan sebagai operator badan intelijensi.

1428004961862

Seperti saya sebutkan di atas, naskah sangatlah lemah. Action sequence yang seharusnya berpotensi menjadi seru malah melempem. Terlebih menyaksikan final showdown antara 2 karakter utama yang bisa menimbulkan pertanyaan “Udah…??? gitu aje…???” menciptakan anti klimaks dari keseluruhan film. Untuk sekelas film dengan genre semacam ini, tindakan- tindakan yang diambil setiap karakter terlihat bodoh dan amatir. Sehingga jika film ini dijadikan salah satu media untuk menimbulkan rasa aman bagi warga Amerika akan aksi teror, justru berakibat sebaliknya. “Kompeten gak sih pemerintah gue melawan aksi terorisme?”

survivor-s_02162_rgb

James McTeigue yang biasanya bisa menghadirkan sebuah film yang stylish dan menghibur seperti kehilangan bakatnya di sini. Entah kenapa dia tidak bisa menyulap kekurangan- kekurangan pada naskah sehingga menyelamatkan filmnya dari keterpurukan. Atau mungkin memang dari sananya naskahnya sudah segitu lemah, sehingga sudah tidak bisa diapa- apain lagi. Plothole yang bertebaran di mana- mana benar- benar tidak bisa dimaafkan lagi. Seperti betapa bodohnya agen- agen pemerintah dalam menyimpulkan bahwa Abbott sebagai tersangka. Padahal London terkenal sebagai kota dengan CCTV terbanyak. Masa segitu gampangnya pihak- pihak jahat yang mau membunuh Abbott di tempat umum tidak tertangkap kamera. Ppfffftttt…..

a

So, Survivor sekali lagi membuktikan bahwa peran naskah sangatlah penting. Karena dari sanalah sebuah proyek film akan menjadi acuan. Tidak mengherankan biasanya franchise- franchise besar banyak mencari naskah- naskah untuk sekuel secara open lewat agen- agen yang mencarinya ke penulis- penulis naskah amatir untuk nantinya dibeli hak ciptanya dan dirombak ulang oleh penulis naskah profesional. Karena memang tanpa naskah yang baik, meskipun film itu dikerubuti oleh sutradara top, aktor jempolan, special effect keren, tetap saja akan melempem. Seperti film Survivor ini. And lucky me, I can Survive watching this Survivor. Thank God! (dnf)

Rating:

5/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s