The Man From U.N.C.L.E (2015)

Ilya Kuryakin: Napoleon Solo, the CIA’s most effective agent.

Napoleon Solo: Illya Kurakin: KGB, the youngest member to join and pass in three years.

Poster

Directed By: Guy Ritchie

Cast: Henry Cavill, Armie Hammer, Alicia Vikander, Elizabeth Debicki, Misha Kuznetsov, Jared Harris, Hugh Grant, Luca Calvani, Sylvester Groth

Synopsis:

Ketika sedang mengekstradisi seorang anak dari ilmuwan NAZI, Gaby Teller (Alicia Vikander), seorang agen CIA bernama Napoleon Solo (Henry Cavill) harus berhadapan dengan seorang agen KGB, Ilya Kuryakin (Armie Hammer) yang ditugaskan untuk menghentikan misi Solo, meskipun harus membunuhnya.

Namun keesokan harinya mereka ditugaskan untuk bekerja sama dalam satu misi gabungan antara CIA dan KGB untuk mencari info tentang sebuah senjata rahasia yang sedang dikembangkan oleh sang ilmuwan. Untuk itu, mereka harus mengajak Gaby dan penyelidikan membawa mereka ke Uncle Rudi (Sylvester Groth), paman Gaby yang bekerja untuk sebuah perusahaan kapal milik Alexander (Luca Calvani) dan Victoria Vinciguerra (Elizabeth Debicki).

Review:

1

Rasanya tahun ini menjadi tahun yang menyenangkan bagi pecinta film- film bertemakan agen rahasia. Setidaknya beberapa judul film seperti Kingsman, Spy, American Ultra, dan yang masih segar di ingatan, jilid terakhir Mission: Impossible. Belum lagi di penghujung tahun, untuk yang keempat kalinya Daniel Craig akan berperan sebagai agen rahasi bernomor sandi 007 dalam SPECTRE. Warner Bros juga ikut meramaikan perpetaan film agen rahasia di tahun ini dengan mengadaptasi film serial lawas berjudul The Man From U.N.C.L.E di bawah pengawasan Guy Ritchie sebagai pimpinan proyeknya. Sekedar informasi, The Man From U.N.C.L.E adalah film seri yang sengaja diciptakan untuk menyaingi James Bond. Tidak tanggung- tanggung, Ian Fleming, sebagai pencipta agen rahasia paling terkenal asal Inggris tersebut bertindak sebagai penasihat dalam menciptakan konsep kisah serial ini. Fleming mencetuskan untuk menggunakan 2 agen rahasia bernama Napoleon Solo dan April Dancer. Karakter Napoleon Solo yang akhirnya dipakai menjadi protagonis utama serial ini, sementara April Dancer nantinya akan menjadi karakter sentral dalam serial spin- off The Girl From U.N.C.L.E. Meskipun ditasbih menjadi karakter utama, namun beberapa penampilan karakter seorang agen KGB yang bernama Ilya Kuryakin mendapatkan hati di penonton. Bahkan David McCallum, aktor pemeran Kuryakin sempat dijuluki sebagai “The Blond Beatle” atau “The Fifth Beatle” oleh media massa pada waktu itu. Mulai season kedualah, akhirnya Kuryakin mendapatkan porsi sebagai pendamping Napoleon Solo yang diperankan oleh Robert McCallum.

2

Sebenarnya versi film The Man From U.N.C.L.E tidak ada bedanya dengan film- film buddy cop (spy) movie. Namun dengan mengusung tema tersebut, film ini sudah memiliki syarat- syarat untuk disebut sebagai buddy movie yang cukup efektif. Chemistry yang ditampilkan duet Superman dan The Lone Ranger di sini cukup meyakinkan sebagai sepasang unlikely partners. Di mana sebenarnya mereka saling tidak suka sama satu sama lain, namun dikarenakan satu kasus, mereka harus bekerja sama. Dan layaknya mayoritas film buddy cop movie, kombinasi unik di antara kedua tokoh utama merupakan seorang yang playful dan seorang yang kaku. Cavill mendapatkan peran yang playful. Tipikal playboy, layaknya James Bond jaman- jaman Roger Moore. Cara berbicara yang mirip announcer radio tahun jebot juga cukup menarik. Di samping itu Hammer menjadi si kaku dengan memerankan Kuryakin yang emosian. Dan penampilannya sebagai foe to friend nya Solo di sini juga cukup baik. Dengan wajah manis- manis sangar dan karakteristik seorang pemarah yang kuat layaknya muscles of the team. Keduanya menjadi salah satu unsur positif yang menjadikan film ini cukup berhasil. Meskipun pasangan tersebut lebih pantas dibilang pasangan cover boy mengingat terlalu stylish untuk menjadi pasangan agen rahasia.

3

Jajaran casting di luar penampilan kedua aktor utama tersebut masih terbilang cukup baik. Jika penonton wanita cukup dibuat melayang dengan pasangan detektif necis dan fashionable tersebut, penonton pria cukup dibuat terbuai dengan wajah manis Alicia Vikander, yang bertindak sebagai pemanis di antara keduanya. Sylvester Groth, sebagai Uncle Rudi cukup menarik perhatian. Di satu sisi dia bisa menjadi sangat menyebalkan, di sisi lain dia bisa cukup menyeramkan, dan di sisi yang lain lagi dia bisa tampil sangat culun. Hugh Grant dan Jared Harris, meskipun tampil sekilas, namun cukup menarik perhatian, mengingat peran mereka di sini tidak hanya sekedar tempelan belaka. Malahan yang cukup disayangkan adalah penampilan Elizabeth Debicki sebagai antagonis utama yang terlalu komikal dan kurang begitu meyakinkan.

4

Keputusan Ritchie untuk memilih mempertahankan setting masa perang dingin, yang menjadi template film serinya dirasa cukup baik. Dengan begitu, Ritchie cukup bisa menciptakan universe The Man From U.N.C.L.E- nya sendiri di samping lebih menonjolkan kesetiaan kepada film serinya. Nuansa retro yang terlihat dari gaya berpakaian dan permainan gambar di layar cukup mewakili nuansa 60-an nya. Belum lagi dengan iringan sentuhan musik Jazz yang sangat 60-an. Di samping itu, departemen wardrobe juga perlu diberikan kredit tersendiri dengan memilih pakaian- pakaian yang cukup bagus. Hal ini turut diangkat lewat tema cerita yang agak- agak menyindir isu- isu yang tengah dirasakan saat itu. Seperti dua negara adidaya yang saling sikut- sikutan, isu teror nuklir, dan phobia akan kebangkitan NAZI.

5

Dengan kombinasi antara unsur komedi yang fun dan petualangan spionase yang seru membuat film ini cukup menghibur. Tidak salah memang pemilihan Cavill dan Hammer yang benar- benar mampu menghadirkan chemistry yang cukup baik di antar keduanya. Untungnya, aktor yang awalnya terpilih memerankan solo, lebih memilih cabut dari proyek ini dan konsentrasi memerankan karakter Ethan Hunt kembali di Rogue Nation. Mungkin jika tetap aktor tersebut yang main, bisa- bisa film ini tidak akan menjadi buddy movie. Sequel possibility sangatlah lebar terbuka. Dengan respons yang cukup positif di beragam situs review film, tinggal hanya menunggu hasil box office peredaran dunia saja, agar Warner Bros mau menyalakan lampu hijau untuk proyek sekuelnya. Dan jika nanti ada sekuelnya, mungkin saja musuh bebuyutan U.N.C.L.E, sebuah organisasi jahat bernama T.H.R.U.S.H bisa dipilih menjadi musuh utamanya. Dan siapa tahu nanti karakter April Dancer dimunculkan. Atau…. Gaby Teller is April Dancer? (dnf)

Rating:

8/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s