Maze Runner: The Scorch Trials (2015)

Minho: Wait here. No need playing bumper cars with the dead folks again. Let me find the light switches first.

scorch-trials-movie-poster

Directed By: Wes Ball

Cast: Dylan O’Brien, Kaya Scodelario, Thomas Brodie- Sangster, Nathalie Emmanuel, Aidan Gillen, Katherine McNamara, Ki Hong Lee, Gincarlo Esposito, Barry Pepper, Rosa Salazar, Lili Taylor, Jacob Lofland, Dexter Darden, Alexander Flores, Patricia Clarkson

Synopsis:

Setelah selamat dari labirin bernama The Glade, Thomas (Dylan O’Brien), Teresa (Kaya Scodelario), Newt (Thomas Brodie- Sangster), Frypan (Dexter Darden), dan Minho (Ki Hong Lee) diselamatkan oleh sebuah kelompok pimpinan Janson (Aidan Gillen). Namun ternyata Janson bukanlah orang baik yang seperti mereka kira. Janson ternyata masih bekerja untuk WCKD pimpinan Ava Paige (Patricia Clarkson). Dengan bantuan seorang teman baru, Aris (Jacob Lofland), para Gladers mencoba menembus keganasan tanah gersang yang disebut dengan “The Scorch” untuk menemui pasukan Right Arms, yang kerap melakukan perlawanan terhadap WCKD.

Review:

scorchtrials-6-gallery-image

Thanks to Franchise Twilight, film- film bergenre Young Adult memiliki predikat film menye- menye yang hanya bisa menghibur penonton wanita. Dengan berfokus kepada seorang wanita muda yang terjebak ke dalam cinta segitiga di antara dua orang pria keren- keren dan macho, memang sudah menjadi impian para wanita. Ya sudah berkali- kali saya ucapkan di dalam berbagai review film bergenre sejenis, memang dunia tidak adil. Kalau wanita yang terjebak di antara 2 hati pria tampan pasti responnya “kasian ya”, “gue ngerti perasaannya. pasti sulit deh.”. Tapi kalau pria yang terjebak di antara 2 hati wanita cantik pasti responnya “kampret bajingan.”, “wah player abis nih orang.” Gak adil kan……………………????????????? Apalagi kalau cewek putus terus baru beberapa hari udah dapet cowok baru? Beda dah sama tanggapannya kalau cowok putus terus baru beberapa hari dapat cewek baru. Huuufffff…. Anyway, bagi para penonton pria, setidaknya ada sebuah film Young Adult yang muncul tahun lalu berjudul Maze Runner, yang tidak memiliki template serupa dan memiliki cerita dark serta nuansa thriller yang cukup kuat sehingga akan lebih mudah diterima penonton pria.

Maze-Runner-2

Sebuah lanjutan langsung disiapkan untuk hadir setahun berikutnya. Namun berbeda dengan jilid pertamanya, film keduanya ini melenceng jauh dari format novelnya. Memang hal ini diakui sang sutradara. Sebenarnya ini bukanlah kali pertama sebuah film adaptasi novel tidak terlalu setia dengan novelnya. Biasanya hal ini dikarenakan begitu panjangnya cerita novel, sehingga sineas memilih merubah ceritanya untuk menghindari ada cerita yang tidak dikisahkan. Atau memang sineas memiliki sebuah cerita yang lebih seru untuk disaksikan dalam format layar lebar. Apapun alasannya tersebut, The Scorch Trials memiliki hasil yang cukup memuaskan. Mungkin karena saya tidak mengikuti novelnya, jadi hasil pelencengan dalam filmnya ini menjadi sangat menarik dan cukup menegangkan. Skrip yang ditulis oleh T.S. Nowlin ini mampu menciptakan ketegangan demi ketegangan dengan tetap menjaga tensi dari awal sampai akhir film. Terutama di adegan kejar- kejaran dengan Cranks, manusia yang menjadi zombie akibat terjaring virus The Flare.

3

Spesial efek yang dihadirkan juga cukup baik. Penggambaran “The Scorch” serta dystopian future bisa dikatakan cukup menarik. Ditambah dengan efek shaky cam yang sempurna untuk menampilkan adegan- adegan aksi laganya. Sound editing juga memberikan nilai tambahan untuk menciptakan nuansa mencekam. Terlebih pada adegan- adegan laga. Tidak usah memperdulikan kualitas akting, karena memang tidak ada satupun cast yang menampilkan akting yang brillian. Hanya saja interaksi antar karakternya cukup oke. Chemistry di antara para The Gladers mampu menampilkan nilai brotherhood yang cukup kental. Mungkin jika ingin menyebutkan akting yang paling bagus adalah akting Giancarlo Esposito yang di sini berperean sebagai Jorge. Namun begitu, bagi saya pribadi, saya sangat menyukai pemilihan cast film ini. Karena tidak menonjolkan ketampanan aktor. Bahkan, bagi saya pribadi tampang- tampang yang terpilih cukup unik.

maze-runner

Meskipun secara kualitas akting tidak ada yang bagus (apalagi melihat akting Kaya Scodelario yang mengingatkan Kristen Stewart di Twilight) dan character development- pun tidak ada yang baik, The Scorch Trials mampu menciptakan eskalasi cerita dari film pertamanya. Bisa dikatakan secara plot, film ini sangat biasa saja. Namun unsur ketegangan serta aksi laga yang ditampilkan, jauh di atas film- film Young Adult lainnya. Namun tetap saja film ini masih menyimpan pertanyaan- pertanyaan yang nantinya akan dijawab di jilid pamugkasnya, The Death Cure yang sudah konfirm akan dirilis pada tanggal 17 Februari 2017. Dan………………. tidak dibagi menjadi 2 bagian……… Alhamdulillah. (dnf)

Rating:

8/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s