The Martian (2015)

Mark Watney: In your face, Neil Armstrong!

Poster

Directed By: Ridley Scott

Cast: Matt Damon, Jessica Chastain, Chiwetel Ejiofor, Jeff Daniels, Sean Bean, Kristen Wiig, Michael Pena, Sebastian Stan, Kate Mara, Aksel Hennie, Mackenzie Davis, Donald Glover

Synopsis:

Dalam sebuah misi ke Planet Mars, crew Ares III terkena serangan badai. Salah satu crew, Mark Whatney (Matt Damon) dipercaya gugur dan meninggal. Seluruh crew lainnya yang terdiri dari Melissa Lewis (Jessica Chastain), Beth Johanssen (Kate Mara), Rick Martinez (Michael Pena), Chris Beck (Sebastian Stan), dan Alex Vogel (Aksel Hennis) terpaksa meninggalkannya. Namun ternyata, Whatey selamat. Ditinggalkan seorang diri, membuatnya harus bertahan hidup di planet yang tidak dihuni tersebut.

Sementara di bumi, para pejabat NASA, Teddy Sanders (Jeff Daniels), Mitch Henderson (Sean Bean), Vincent Kapoor (Chiwetel Ejiofor), dan juru bicara NASA, Annie Montrose (Kristen Wiig), memikirkan berbagai macam alternatif untuk menjemput Whatney setelah diketahui masih hidup tanpa berkeinginan untuk membagi informasi tersebut kepada crew Ares III lainnya. Karena dikhawatirkan akan mengganggu konsentrasi pelaksanaan misinya.

Review:

1

Planet Mars merupakan Planet yang menjadi sumber inspirasi berbagai macam kisah luar angkasa. Bisa dikatakan Planet ini memang sangat populer di kalangan pencipta seni, baik itu komik, film, maupun novel. Yang menjadikannya populer adalah beberapa fakta yang membuat planet merah ini diyakini paling memiliki kemungkinan untuk ditinggali dibandingkan planet- planet lainnya. Di antaranya adalah kepalingmiripannya dengan bumi dan juga jaraknya paling dekat dengan bumi. Meskipun ada- tidaknya alien di planet Mars masih menjadi perdebatan hingga saat ini. Begitu juga dengan film yang diangkat dari buku karangan Andy Weir ini. Pokok pemikirannya adalah apakah manusia mampu bertahan hidup layaknya Robinson Crusoe di Planet tidak berpenghuni yang keadaan medannya untuk menyokong hidup masih menjadi perdebatan sengit. Secara di atas kertas, film ini sudah memiliki daya tarik tersendiri bagi para penggila sci- fi. Apalagi melihat talenta- talenta berbobot yang mendukung film ini. Ditambah, beberapa saat sebelum rilis resminya, film ini mendapatkan promosi gratis, ketika NASA mengumumkan penemuan penting perihal air di Planet tersebut.

2

Melihat materi promosi dan trailer-nya, tidak sedikit yang menyangka film ini adalah spin- off atau prekuel dari Interstellar. Pasalnya karakter yang diperankan oleh Matt Damon di sini, serasa mengulang perannya di Interstellar, di mana di kedua film tersebut, Damon memerankan orang yang terjebak seorang diri di planet luar bumi. Ditambah lagi adanya Jessica Chastain di kedua film tersebut. Mungkin nantinya jika barang haram (baca: DVD bajakan) nya keluar dikasih judul Interstellar 2. Namun jika kita melihat lebih jauh lagi, pendekatan Scott di sini sangat berbeda dengan Nolan. Scott mencoba untuk mengemas film ini menjadi cukup memuaskan dahaga para penggemar sci- fi berbobot juga bisa menjadi hiburan bagi penonton awam. Teori- teori ilmiah disajikan dengan cara yang fun. Tidak terlalu memberatkan sehingga hanya para nerd dan geek yang bisa mengikuti film ini. Penjelasa teori- teori macam botani, biologi, teknis bisa dibawakan dengan sangat menarik, bahkan mungkin anak paling malas di sekolahpun bisa tertarik dengan pelajaran biologi melalui film ini.

3

Ridley Scott memang memiliki tangan yang dingin. Tidak sedikit film- filmnya yang mendapatkan kategori “berbobot”. Scott mampu menciptakan gambaran visual Planet Mars dengan sangat indah, dibantu oleh tim CGI serta kameramen Darius Wolski. Dialog- dialog juga sangat cerdas. Dan tidak dilupakan adalah bagaimana Scott mengemas film ini sehingga, meskipun tidak adanya sosok antagonis yang harus dilawan, namun tensi film tetap terjaga. Meskipun di beberapa adegan sempat dragging. Pada intinya plot film ini terbagi menjadi 2, di mana satu kisah menceritakan survival Mark Whatney seorang diri di Planet Mars. Yang satu lagi menceritakan praktek politik serta strategi di NASA sehubungan dengan kasus ini. Dan keduanya bisa berkesinambungan dengan baik. Scott juga menyelipkan humor yang bekerja cukup efektif.

4

Matt Damon mejadi salah satu poin terkuat dalam film ini. Mengikuti jejak Sam Rockwell dan Sandra Bullock yang sempat terjebak seorang diri di luar angkasa juga, mengharuskan Damon mengeksplorasi segenap kemampuannya dalam berakting. Karena hampir keseluruhan screen time menempatkan dirinya harus berakting solo dan hanya menggunakan monolog. Dan bisa dikatakan kinerjanya berhasil. Penonton akan merasa empati dan simpati dengan keadaannya Whatney. Terlebih karena karakteristiknya yang digambarkan sangat cerdas, riang, dan optimis. Pemain- pemain pendukung lainnya juga bermain cukup apik. Namun di antara keseluruhan ada 3 aktor pendukung yang saya rasa bermain paling baik. Yang pertama adalah Chiwetel Ejiofor yang menggantikan Irffan Khan karena konflik jadwal. Maka itu namanya di sini sangat India. Yang kedua adalah Jeff Daniels yang mampu menampilkan sosok birokrat yang terjabak antara sisi kemanusiaannya untuk menolong Whatney dan efek publisitas NASA. Yang ketiga adalah Donald Glover yang cukup menjadi scene stealer berperan sebagai Rich Purnell. Namun sayangnya Glover hanya tampil sebentar, namun cukup memberikan kesan tersendiri.

5

The Martian sukses menjelma menjadi sebuah film sci- fi menghibur tanpa harus menggunakan cerita- cerita yang njlimet. Oke, mungkin bisa dikatakan ceritanya cukup berat dan aura sci- fi-nya cukup kental. Namun sekali lagi, Ridley Scott bisa mengemasnya cukup bersahabat bagi mata penonton awam. Dan bisa juga disaksikan bagi penonton yang tidak mau pusing- pusing dengan cerita yang berat. Untuk kinerjanya di film ini, tidak salah jika saya memperkirakan Scott bakal dilirik juri Oscar di ajang bergengsi tersebut tahun depan. (dnf)

Rating:

8.5/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s