In The Heart of The Sea (2015)

Owen Chase: Look where we find ourselves. What offense did we give God to upset him so.

Poster

Directed By: Ron Howard

Cast: Chris Hemsworth, Benjamin Walker, Cillian Murphy, Tom Holland, Ben Whishaw, Brendan Gleeson

Synopsis:

Seorang novelis, Herman Melville (Ben Whishaw) mendatangi seorang lelaki tua, Thomas Nickerson (Brendan Gleeson) untuk melakukan riset tentang kejadian legendaris kapal Essex, yang diisukan tenggelam diserang oleh seekor paus sembur raksasa.

Cerita bergulir beberapa puluh tahun sebelumnya ketika, Thomas muda (Tom Holland) baru berusia 14 tahun menjadi awak kapal Essex, yang dikapteni oleh seorang keturunan bangsawan, George Pollard, Jr. (Benjamin Walker) dan memiliki kelasi kelas satu, Owen Chase (Chris Hemsworth) dan Matthew Joy (Cillian Murphy).

Dikarenakan ambisi mereka untuk membawa sebanyak mungkin minyak ikan paus, merekapun akhirnya pergi jauh ke sebuah perairan yang disinyalir memiliki ratusan ikan paus. Hanya saja tanpa mereka ketahui, ternyata kawanan paus tersebut dijaga oleh seekor paus raksasa, yang akan menjadi momok sangat mengerikan bagi seluruh awak kapal Essex.

Review:

1

Moby Dick adalah sebuah judul novel terkenal karangan Herman Melville yang sudah menjadi salah satu bacaan wajib bagi para pecinta literatur klasik. Sedikit plot mengenai kisah tersebut adalah tentang seorang kelasi muda, Ishmael yang menceritakan pengalamannya bertugas di kapal Pequod, yang dikomandoi oleh Captain Ahab, yang memiliki ambisi untuk memburu Moby Dick, seekor paus raksasa yang pernah menenggelamkan kapalnya dan menghilangkan kakinya. Tidak banyak yang tahu jika kisah tersebut dibuat atas dasar kekaguman Melville kepada kisah tragis kapal Essex yang ditenggelamkan oleh seekor paus raksasa. Salah satu survivor, Owen Chase, menyewa seorang penulis bayangan untuk mengabadikan kisahnya ke dalam sebuah buku berjudul Narrative of The Most Extraordinary and Distressing Shipwreck of Whale- Ship Essex, dan melalui tulisan inilah novel Melville mendapatkan inspirasi untuk Moby Dick. Lalu beberapta tahun kemudian, Thomas Nickerman menuliskan sebuah biografi berjudul The Loss of The Ship Essex Sunk by a Whale and The Ordeal of The Crew in Open Boats. Namun sayangnya, manuskrip tersebut hilang dan baru ditemukan dan dipublikasikan seabad kemudian, yaitu tahun 1984. Dengan menggunakan resensi dari kedua buku tadi, pada tahun 2000, Nathaniel Philbrick menerbitkan sebuah adaptasi lagi berjudul In The Heart of The Sea: The Tragedy of The Whaleship Essex.

2

Jika ditilik dari materi promosi, baik dari trailer maupun poster yang sudah dipublikasikan dari awal tahun ini, tidak sedikit yang menantikan film In The Heart of The Sea menjadi sebuah film monster, layaknya kisah Moby Dick, yang sudah kadung lebih terkenal. Namun jauh dari bayangan tersebut, gambaran mengenai men vs monster hanya ditampilkan sedikit sekali. Sehingga bagi mereka yang mengharapkan aksi layaknya Alan Grant vs Raptor, atau Jack Driscoll vs King Kong, atau si sexy Jennifer Lopez lawan Anaconda, sudah pasti akan kecewa. Namun bagi mereka yang haus akan sebuah film berbobot kualitas Oscar, bisa jadi In The Heart of The Sea menjadi sebuah sajian yang memuaskan.

3

Saya mencatat setidaknya ada 2 hal yang menjadi kekuatan besar dari film ini. Yang pertama adalah akting. Nyaris keseluruhan cast mampu mengeluarkan kemampuan aktingnya yang top notch dalam film ini. Dan jika ingin menyorot nama- nama yang paling bersinar kita bisa menyebutkan Benjamin Walker dan Tom Holland yang benar- benar mencuri perhatian. Kenapa saya menyebutkan kedua nama tersebut? Karena memang jika dibandingkan nama- nama lainnya, kedua nama ini yang masih belum terlalu terkenal. Benjamin Walker, sempat menuai pujian lewat aktingnya sebagai versi alternatif dari Abraham Lincoln yang gemar memburu vampire. Lalu Tom Holland, yang meskipun belum terkenal, namun namanya termasuk salah satu yang sedang diperbincangkan di tahun ini karena akan memakai kostum Spider- Man dalam sekuel Captain America tahun depan. Holland sempat menuai pujian juga sebagai si sulung yang berusaha bertahan hidup paska terkena tsunami di Thailand lewat The Impossible.

4

Dibandingkan nama- nama di atas, jajaran pendukung lainnya mungkin sudah lebih dikenal dan aktingnya juga sudah teruji. Cillian Murphy misalnya. Meskipun gagal mendapatkan peran Batman dan kalah oleh Christian Bale, namun kemampuannya mampu mencuri perhatian Nolan sehingga memberinya peran Scarecrow, dan menjadi satu- satunya villain yang muncul di keseluruhan seri The Dark Knight. Lalu ada Brendan Gleeson, yang memang sudah cukup terkenal dan kemampuan akting wataknya sudah tidak perlu diragukan lagi. Lalu ada Ben Whishaw yang mampu mencuri perhatian lewat Perfume: The Story of A Murderer, dan kemudian mulai menapakkan karirnya lewat peran Q dalam 2 seri James Bond terakhir. Bahkan Chris Hemsworth pun mampu membuktikan dirinya bisa melepaskan bayang- bayang sang dewa petir dan membuktikan untuk kedua kalinya, dirinya mampu memerankan karakter real setelah sukses lewat Rush yang juga disutradarai oleh Ron Howard.

5

Yang kedua adalah visual yang benar- benar bisa menimbulkan decak kagum. Hasil kerja Anthony Dod Mantle sebagai sinematografer sekali lagi bisa menampilkan tone sendu, seperti yang pernah dibawanya lewat Rush. Visual effet juga menjadi salah satu unsur kekuatan film ini. Visualisasi akan ikan- ikan paus, badai, serta kengerian samudera, mampu membuat penonton terbawa akan suasana hati ikut merasakan horor yang dialami para tokoh. Menurut komentar rekan- rekan saya yang menyaksikan film ini dalam format IMAX 3D, katanya film ini sangat- sangat worth it disaksikan dalam format tersebut. Namun sayangnya saya menyaksikannya dalam format reguler 2D. Sehingga efek 3D yang katanya sangat bagus baik dalam depth maupun pop-up tidak bisa saya rasakan.

6

Seperti yang saya ceritakan sebelumnya di atas, In The Heart of The Sea merupakan sebuah sajian berbobot yang jauh dari bayangan men vs monster. Karena inti dari film ini adalah survival dan efek dari keserakahan manusia. Dengan pendekatan serealitis mungkin, tidak heran jika nantinya juri Oscar akan melirik film ini untuk mendapatkan nominasi naskah adaptasi terbaik. Dan dengan memiliki jejalan akting- akting yang sangat keren, saya akan heran jika nantinya tidak ada satupun aktor yang dilirik untuk mendapatkan nominasi peran terbaik, baik itu utama maupun pendukung. (dnf)

Rating:

8/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s