Star Wars: Episode VII- The Force Awakens (2015)

General Leia: May the force be with you

Poster

 

Directed By: JJ Abrams

Cast: Daisy Ridley, John Boyega, Harrison Ford, Mark Hamill, Adam Driver, Carrie Fisher, Oscar Isaac, Lupita Nyong’o, Andy Serkis, Max Von Sydow, Anthony Daniels, Peter Mayhew, Domnhaal Gleeson, Gwendoline Christie, Yayan Ruhian, Iko Uwais, Cecep Arief Rahman

Synopsis:

Puluhan tahun paska kejadian di film ke-6, Luke Skywalker, telah menghilang dan tidak diketahui keberadaannya. Baik dari pihak first order, yang merupakan kesatuan baru yang berdiri paska keruntuhan empire, maupun pihak resistance, yang dipimpin oleh General Leia Organa (Carrie Fisher), menginginkan peta keberadaan Luke, yang dipercaya sebagai Jedi terakhir. Leia mengutus salah satu orang kepercayaannya, Poe Dameron (Oscar Isaac) untuk mencari keberadaan peta tersebut di planet Jakuu. Hanya saja, planet tersebut kemudian diserang oleh First Order di bawah komandao Kylo Ren (Adam Driver). Poe kemudian menitipkan peta tersebut kepada droid kepercayaannya, BB8.

BB8 kemudian dibantu oleh Rey (Daisy Ridley), seorang pengumpul barang bekas; Finn (John Boyega), seorang stormtrooper; Han Solo (Harrison Ford); dan Chewbacca (Peter Mayhew) untuk mengantarkan peta tersebut ke resistance.

Review:

star-wars-force-awakens-kylo-ren

Star Wars merupakan sebuah franchise fenomenal yang telah menjalar bukan hanya di dunia film saja, namun materi yang dikembangkan oleh George Lucas ini sudah dimuat dalam format animasi serial, komik, novel, video game, dan buku yang menjadikan universe film ini semakin berkembang. Tidak ada yang menyangka bahwa gagasan yang lahir dari kecintaan George Lucas pada space opera semacam Buck Rogers dan Flash Gordon ini menjadi sebuah gebrakan yang cukup berpengaruh dalam industri sinema modern. Padahal awalnya naskah film yang diilhami dari The Hidden Fortress-nya Akira Kurosawa ini sudah malang melintang dan kenyang ditolakin oleh petinggi- petinggi Hollywood yang menganggap kisah fantasi perang bintang tidak menjual.

2

Film yang awalnya berjudul Star Wars, lalu berkembang menjadi sebuah trilogi ini cukup memberikan sumbangsih yang tinggi di industri perfilman. Bukan hanya itu, adegan dogfight pesawa tempur di luar angkasa juga menjadi basis gameplay video game di tahun 80-an. Saking populernya Star Wars, bahkan dikemudian hari dilahirkan sebuah trilogi prekuel, yang memberikan origin story dari salah satu tokoh terpopulernya, Darth Vader. Yang katanya sih, ide tersebut sudah dipikirkan, dan emang sengaja bikin film keempat dulu sebelum bikin film kesatu. Ya gak tau benar, gak tau memang dikarenakan karena sudah populer. Yang pasti judul film yang pertama rilis tersebut akhirnya diberikan tambahan sub judul A New Hope, dan tiga trilogi awalnya disisipkan tambahan “Episode IV, V, dan VI”.

3

Hanya saja trilogi perkuelnya tidak mendapatkan aspirasi yang cukup baik, selain dari fans setianya. Pasalnya dikarenakan kurangnya akting Hayden Christensen, yang seharusnya bisa menjadi karakter sentral dari trilogi tersebut. Meskipun secara fisik, sangat pas menjadi Anakin, namun secara kualitas akting, sangat kurang. Selain itu ceritanya yang terlalu kelam, namun kurang dikembangkan terlalu dalam, membuat trilogi prekuel tersebut menjadi terlalu dangkal, meskipun tidak sampai dikategorikan sebagai trilogi yang buruk. Mungkin ini juga yang membuat trilogi berikutnya dirilis berjarak 20 tahun semenjak episode keenamnya.

4

Pemilihan JJ Abrams sebagai pemegang kendali film ketujuhnya ini saya rasa merupakan sebuah keputusan tepat. Tidak usah memperdulikan pro dan kontra dari kalangan fans, yang mempermasalahkan Abrams pernah menyutradarai Star Trek, namun memang Abrams terbukti bisa membuat franchise Star Trek disukai oleh penonton muda. Padahal untuk membuat franchise tersebut disukai penonton muda jauh lebih sulit ketimbang Star Wars. Seperti kita ketahui, cerita Star Trek aslinya sangatlah berat jika dibandingkan dengan Star Wars. Tapi akhirnya dia bisa membuat kemasan film Star Trek dengan fun, seru, serta lebih pop corn. Ketara di dalam menyutradarai versi baru Star Trek, dirinya menggunakan konsep Star Wars, sebagai base pewarnaan film.

Star-Wars-Force-Awakens-Rey-Finn-BB8-running

 

Secara konsep cerita, Abrams masih memanjakan fans dengan apa yang sudah dikenalnya lewat 6 film terdahulu. Dari banyaknya cameo serta gimmick yang sudah terkenal, dari plot ceritapun sebenarnya tidak jauh berbeda dengan film keempatnya. Peta yang ditipkan Poe kepada BB8 dan ditemukan oleh Rey, sama halnya dengan pesan yang dititipkan Princess Leia kepada R2D2 dan ditemukan oleh Luke. Dan untuk membuai penonton baru dan mendatangkan fans baru, pembawaan ceritapun dibikin agak ringan, meskipun ceritanya tetap berat. Maksud saya, Abrams mampu memasukkan unsur lucu dari karakter Finn, dan dikombinasikan oleh BB8 yang menggemaskan, yang mungkin bisa dikatakan mirip dengan kelaukan seekor anjing.

TFA_thumb_b1c49964

 

Karakterisasi tokoh- tokoh barupun sudah sangat pas. Kylo Ren, yang sengaja diciptakan sebagai karakterisasi modern dari Darth Vader, cukup digambarkan secara manusiawi. Dalam arti, ketika memakai kostum memang cukup menyeramkan, namun ketika topengnya dilepas, raut wajahnya menggambarkan kegalauan dari permainan mimik yang sangat sempurna dari Adam Driver. Lalu sebagai pasangan jagoan baru, Rey dan Finn memang cukup baik. Rey tidak digambarkan sangat heroik sekali. Finn yang berperan untuk memberikan nuansa komedi di film ini, tidak lantas tampil menjadi konyol. Lalu Poe juga digambarkan cukup cool. Kesemuanya dimainkan oleh aktor- aktris terpilih yang bagi saya pribadi berakting sangat pas untuk porsinya masing- masing. Sehingga, para fans pun memberikan lampu hijau kepada mereka untuk melanjutkan saga ini.

7

Visual juga menjadi salah satu kebanggan dari film ini. Sayangnya saya tidak mendapatkan tiket IMAX 3D, jadi tidak bisa berkomentar lebih lanjut mengenai kualitas IMAX 3D-nya. Namun dari sekilas bayangan yang saya dapatkan dari format 2D regulernya, sepertinya film ini memang sangat- sangat layak disaksikan dalam format IMAX 3D. Sound FX juga menjadi satu hal yang membuat film ini sangat apik. Dengan kemasan sound 3D, suara desingan lightsaber, dogfight pesawat, serta tembakan pistol laser,  menjadi sangat nyata dan begitu memanjakan. Dengan tampilan seperti itu, tidak heran film ini mendapatkan respon yang cukup positif. Dan kedepannya sudah disiapkan 5 judul film Star Wars, selain episode 8 dan 9, juga sebuah spin- off berjudul Rogue One: A Star Wars Story, dan spin- off Han Solo serta sebuah spin- off yang menceritakan kisah salah satu karakter, Boba Fett.

8

Tidak salah jika film episode ketujuh ini menciptakan hype tersendiri, baik dari para fans maupun dari para awam, yang tidak bisa membedakan antara lightsaber dan force. Penantian 20 tahun tersebut tidaklah sia- sia. Terlebih lagi dengan fanservice, dan twist yang sangat luar biasa dan mengejutkan. Selain itu, Indonesia juga merasakan kebanggan dengan digunakannya trio Berandal (Iko Uwais, Cecep Arief Rahman, dan Yayan Ruhiyan) sebagai cast dari film ini. Bahkan minifigure lego Kang Yayan dan Kang Cecep sudah dirilis yang dijual dengan set lego Millennium Falcon. Bukan hanya itu saja, Iko dan Kang Yayan pun mendapatkan kehormatan sebagai fight choreographer. Meskipun koreografi dalam film ini sangat soft dibandingkan koreografi yang biasa mereka tangani. Isu menyebutkan bahwa sebenarnya konsep koreografi yang pertama kali disodorkan sangatlah keren, bahkan Abrams kagum. Namun untuk menghindari rating yang terlalu tinggi, sehingga konsep tersebut diperhalus. Ya setidaknya bisa menutupi rasa sakit hati Indonesia terhadap sebuah media asing yang menyebutkan pelaku penyebaran footage tidak resmi yang menampilkan twist film ini berasal dari Indonesia. Padahal ye kalo dilihat, footage haram tersebut memang diambil dari bioskop. Tapi dengan subtitle bahasa Indonesia (Melayu?) dan subtitle Cina. Dan film Hollywood yang beredar di Indonesia tidak menggunakan kombinasi 2 bahasa tersebut untuk subtitle. So, berarti dari mana? Don’t wanna judge. (dnf)

Rating:

9/10

 

One thought on “Star Wars: Episode VII- The Force Awakens (2015)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s