Ip Man 3 (2015)

Poster

Directed By: Wilson Yip

Cast: Donnie Yen, Zhang Jin, Patrick Tam, Lynn Hung, Mike Tyson, Danny Chan

Synopsis:

Ketika sekolah tempat anaknya menuntut ilmu diincar oleh seorang raja properti kejam, Frankie (Mike Tyson), Ip Man (Donnie Yen) tidak tinggal diam. Dengan dibantu oleh murid- muridnya, dan juga seorang ahli Wing Chun, Cheung Tin- Chi (Zhang Jin), Ip Man melindungi sekolah tersebut. Apalagi aparat hukum sepertinya hanya berdiam diri melihat sekolah tersebut diteror oleh kelompok preman pimpinan Ma King- Sang (Patrick Tam) yang juga bekerja di bawah organisasi milik Frankie.

Namun di tengah kesibukannya mengabdi kepada masyarakat, ternyata Ip Man harus memilih perannya untuk tetap mengabdi atau menemani istrinya yang didiagnosis mengidap penyakit kanker perut.

Review:

1

Jika anda seorang pecinta film seni bela diri ataupun penikmat perfilman Hong Kong, anda pasti mengetahui sosok Wong Fei Hung yang kerap dipakai di berbagai film. Karakter bersejarah tersebut memang melejit namanya di dunia internasional paska dirinya dipakai di sejumlah franchise film, dan yang paling terkenal adalah Once Upon A Time in China atau yang pernah beredar di Indonesia dengan judul Kung Fu Master. Nama- nama beken sempat disanding untuk memerankan karakter pahlawan dari Cina tersebut. di antaranya ada nama- nama seperti Jacky Chan, Jet Li, Eddie Peng, Gordon Liu, dan Sammo Hung.

2

Di era millennium, perfilman Hong Kong mencoba kembali untuk memperkenalkan salah satu legenda Kung Fu mereka yang bernama Ip Man. Suksesnya film yang sering di salah sebut dengan “Ai Pi Men” atau “Manusia Internet Protocol” ini memberikan buah manis kepada sang aktor, Donnie Yen, dengan melejitkan namanya menjadi aktor papan atas perfilman Hong Kong. Padahal sebenarnya kiprahnya sebelum Ip Man sudah jauh hingga ke manca negara. Sebelumnya dia sempat terlibat dalam sekuel pertama Blade. Selain Donnie Yen, nama gurunya Bruce Lee tersebut juga menjadi salah satu merk dagang yang akhirnya difilmkan dengan berbagai versi dengan aktor Anthony Wong, Dennis To, dan Tony Leung. Seni bela diri Wing Chun yang dipopulerkan oleh Ip Man juga ikut mengalami kenaikan pamor layaknya pencak silat dengan The Raid-nya.

3

Menuai respon dan kesuksesan luar biasa di jilid 2-nya, dan ditasbihkan sebagai salah satu sekuel yang lebih baik dari film pertamanya, sudah pasti membuat pihak produser gatel untuk segera membuat jilid ke 3-nya. Apalagi respon masyarakat untuk karakter tersebut juga cukup baik, mengingat film- film follower lainnya yang memakai nama Ip Man, dan jujur saja menumpang popularitas franchise besutan Wilson Yip ini. Namun ternyata jalannya tidaklah mulus. Pasalnya Donnie Yen enggan untuk mengulang perannya dikarenakan terlalu sempurnanya film kedua, sehingga dia khawatir jika dibuatkan film ketiga justru malah akan merusak nama baik franchise ini. Namun ternyata meskipun tidak sebagus film keduanya, namun bisa dikatakan hasil akhirnya tidaklah buruk.

4

Untuk menambah popularitas film ini, khususnya di negara- negara barat, dipasangkanlah Donnie Yen dengan petinju yang mulai sering ikut main film, Mike Tyson. Padahal sebenarnya menurut saya, justru bukanlah Ip Man 3 yang mengekor popularitas Mike Tyson, namun justru sebaliknya, menurut saya si leher beton lah yang mendompleng popularitas, paska merosotnya popularitasnya sekarang ini. Namun berbagai materi promosi yang menampilkan face off antara Donnie Yen dan Mike Tyson tidak sebanding lurus dengan apa yang tertuang di film. Pembentukan persepsi salah tersebut justru untuk memberikan kejutan atas siapa lawan terkuat Ip Man yang harus dilawannya sebagai final showdown film ketiganya ini.

5

Yang menjadi kekuatan franchise ini adalah perpaduan antara drama dan aksi yang sangat baik. Terlebih untuk jilid tiganya ini, unsur dramanya terasa lebih kental tanpa menjadikan film ini terlalu dragging. Justru alunan drama yang berfokus kepada usaha sang grand master untuk menjaga istri di hari- hari terakhirnya bagi saya lebih menarik ketimbang konflik  yang dihadapinya dengan organisasi Frankie. Kemampuan akting Donnie Yen pun teruji dengan baik di film ini. Bersanding dengan si cantik Lynn Hung, perpaduan keduanya sangat manis dan bisa mengeluarkan aura romantis pasangan suami- istri di tengah adegan- adegan pemacu adrenalin. Selain itu terpilihnya Zhang Jin sebagai pemain pendukung juga merupakan keputusan yang tepat. Selain kemampuan bela dirinya, aktor yang sempat bermain film Ip Man di luar franchise ini juga memiliki kemampuan akting yang sangat baik.

6

Oke, saya rasa Ip Man 3 merupakan penutup yang manis dari serangkaian film yang bisa saya sebutkan sebagai salah satu trilogi terbaik yang pernah dibuat oleh Hong Kong. Namun bisa saja ke depannya, film ini akan mengalami nasib yang sama dengan Once Upon a Time in China yang dijadikan berseri- seri. Apalagi dari film ketiganya ini masih belum diceritakan Bruce Lee resmi diterima sebagai murid, meskipun penampilannya dimainkan dengan baik dan mencuri perhatian oleh Danny Chan. Berbicara mengenai Chan, aktor ini memang pas memerankan sang legenda. Selain sebagai praktisi Jeet Kune Do, aktor berusia 40 tahun ini juga menjadi tokoh utama di serial The Legend of Bruce Lee. So, jika nantinya ada film ke-4 dan akan memakai jasa Chan sebagai Bruce Lee, yang menjadi side kick Ip Man, saya rasa akan sangat keren. (dnf)

Rating:

8/10

2 thoughts on “Ip Man 3 (2015)

  1. Ip Man 3 mnrtq slh satu film martial art terbaik thn 2015. Setelah era Jet Lee&Jacky Chan, sekarang mnrtq aktor terbaik untk film2 kungfu y dpt diregenerasi dngn baik oleh Donnie Yen. Porsi adegan fight&drama relatif seimbang. Aq sangat sk scane fighting di Ip Man 3 ini, karena mnrtq lbh banyak mununjukan jurus2 Wing Chun, drpd menambahkan efek2 spesial sprti terbang dlll, jd orang2 yang menekuni Wing Chun mungkin sngt menyukainya. Scane fighting yg paling krn tentu saja wktu Donnie Yen duel dngn Tony Jaa di lift, vs Mike Tyson & duel dengan sesama master Wing Chun Cheung Tin- Chi (Zhang Jin). kl ditanya mengenai sequel, aq setuju aja, asal masih diperankan oleh Donnie Yen& Disutradarai Wilson Yip, krn kolaborasi keduanya merupakan kolaborasi terbaik untuk film dengan karakter sentral Ip Man. y sequel selanjutnya dapat menggali lebih dlm antara Ip Man dengan Bruce Lee. Kl di era 90an adalah eranya Wong Fei Hung dengan aktor terbaik yg memerankannya adalah Jet lee, sekarang adalah eranya Ip Man-nya Donnie Yen!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s