Midnight Show (2016)

Naya: Jangan, jangan bunuh saya

Poster

Directed By: Ginanti Rona Tembang Asri

Cast: Acha Septriasa, Ratu Felisha, Gandhi Fernando, Ganindra Bimo, Boy Harsha, Ronny P. Tjandra, Gesata Stella, Zack Lee

Synopsis:

Sebuah film berjudul BOCAH ditayangkan sebagai pertunjukan Midnight Show di sebuah bioskop. Dikarenakan cuaca yang buruk dan film yang sudah lama, maka pertunjukan tersebut tidak ramai penonton. Hanya beberapa saja yang datang. Film BOCAH menceritakan kejadian nyata tentang pembunuhan yang dilakukan seorang bocah kepada orangtuanya beberapa tahun yang lalu. Namun nampaknya ada yang tidak suka dengan penanyangan tersebut sehingga datanglah pembunuh misterius yang membantai satu per satu orang yang berada di bioskop tersebut.

Review:

1

Menciptakan sebuah film Indonesia, apalagi film horor bisa dikatakan gampang- gampang susah. Gampangnya dikarenakan genre ini masih merupakan genre favorit di Indonesia. Namun susahnya dikarenakan beberapa judul film telah mencoreng nama baik genre yang sempat mempopulerkan nama Suzanna ini menjadi genre yang agak “murahan” dengan menonjolkan kemolekan tubuh dan toilet joke yang memang menargetkan konsumen menengah ke bawah. Maka itu meskipun sebenarnya banyak sekali ide- ide fresh yang ingin disumbangkan ke dalam film ini, malahan biasanya menjadi mentok dikarenakan “tanpa memamerkan aurat filmnya jadi gak laku”. Lantaslah ide- ide tersebut hanya bercokol di genre indie dan short movie saja. Akhir tahun lalu kita sempat diberikan hiburan film berjudul Badoet yang mengedepankan psychological thriller dan mendapatkan animo yang lumayan bagus. Kini, sebuah film yang akan mengusung genre slasher coba ditampilkan oleh Renee Pictures lewat Midnight Show.

2

Secara premis sebenarnya apa yang disajikan oleh film ini sangatlah biasa jika anda sudah sering menyaksikan genre slasher dari berbagai macam negara. Jualan utama dari film ini adalah adegan sadis gore dan bloody. Untuk menampilkan adegan- adegan tersebut sebenarnya, tim produksi sudah bekerja semaksimal mungkin mengerjakannya. Hanya saja jika ingin membandingkan dengan film- film slasher lokal lainnya, semacam Rumah Dara, adegan- adegan sadis tersebut masih terasa cukup soft. Namun tempo cerita yang cukup cepat dan twist di akhir yang menjadi salah satu syarat mutlak dalam film macam ini untuk mengungkapkan jati diri si pembunuh menjadikan film ini lumayan enak untuk diikuti.

3

Dari jajaran cast, Acha Septriasa yang dipercaya untuk memegang peran utama sudah menjalankan tugasnya dengan baik. Porsinya sebagai scream queen sudah dilakukannya dengan akting yang believable. Ratu Felisha terasa nyaman dalam memainkan perannya di film ini yang menurut saya sangat pas diberikan kepadanya. Di luar itu, Ganindra Bimo juga bermain sangat baik dengan permainan emosi yang apik. Hanya saja Gandhi Fernando sepertinya kurang memberikan akting maksimalnya dalam film ini, meskipun tidak dapat dikatakan berakting buruk. Setting lokasi juga memiliki peranan penting dalam film ini. Sebuah bioskop tua di bilangan Bogor merupakan pilihan yang tepat untuk mendapatkan kesan tahun 1998 yang menjadi setting waktunya.

4

Secara keseluruhan Midnight Show merupakan sebuah sajian slahser menarik yang lumayan menghibur. Dengan perpaduan cast yang pas dan adegan- adegan yang menegangkan bisa membuat tiket yang anda beli terbayar lunas. Meskipun belum ada konfirmasi sekuel, namun ending memperlihatkan kemungkinan adanya film lanjutan. Dan mudah- mudahan jika seandainya animo masyarakat sangat bagus untuk film ini, Midnight Show bisa menjelma menjadi sebuah franchise slasher baru menyusul Rumah Dara yang tengah dipersiapkan sekuelnya. (dnf)

Rating:

8/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s