Kung Fu Panda 3 (2016)

Master Shifu: If you only can do what you can do, you will never be more than who you are now.

Kung-Fu-Panda-3-Second-Teaser-Poster

Directed By: Allesandro Carloni, Jennifer Yuh

Cast: Jack Black, Bryan Cranston, Dustin Hoffman, J.K. Simmons, Angelina Jolie, Jackie Chan, David Cross, Seth Rogen, Lucy Liu, James Hong, Randall Duk King, Kate Hudson

Synopsis:

Kai (J.K. Simmons) adalah mantan sahabat yang kemudian menjadi musuh bebuyutan Master Oogway (Randall Duk King) yang berhasil menyerap seluruh chi yang dimiliki oleh arwah- arwah para master Kung Fu. Setelah berhasil mengalahkan sang rival, Kai kembali ke alam manusia untuk menghadapi seluruh master- master Kung Fu yang masih hidup dan menyerap chi-nya sebelum akhirnya akan menyerap chi Po (Jack Black), panda yang dipercaya menjadi satu- satunya yang bisa mengalahkan Kai.

Untuk menghadapi Kai, Po harus kembali ke desa rahasia para Panda bersama sang ayah, Li Shan (Bryan Cranston) karena para pandalah yang memiliki ilmu chi paling kuat. Karena tanpa menguasai chi, Po tidak mungkin dapat mengalahkan Kai. Sekepergian Po, tinggallah para master- master Jade Temple, Shifu (Dustin Hoffman), Tigress (Angelina Jolie), Monkey (Jackie Chan), Mantis (Seth Rogen), Viper (Lucy Liu), dan Crane (David Cross) yang akan melindungi The Valley of Peace dari ancaman Kai.

Review:

1

Paska kesuksesan Shrek yang luar biasa, studio animasi yang jika dirunut sejarahnya berasal dari studio animasi milik Steven Spielberg, Amblimation, telah menjadi salah satu studio animasi terdepan dalam urusan animasi 3Dnya. Dreamworks Animation bersaing ketat dengan Pixar dan Bluesky Studios, meskipun secara prestige dan kedalaman cerita, masih belum bisa menyaingi Pixar. Namun jika dilihat dari segi menghibur dan fun, Dreaworks Animation masih bisa dikatakan berada dalam posisi terdepan bersama Bluesky. Meskipun sempat kalah ketika beberapa filmnya memiliki gelar twin movie dengan Disney. Antz harus kalah dengan A Bug’s Life, Shark Tale harus kalah telak dengan Finding Nemo, namun Madagascar berhasil mengalahkan animasi The Wild-nya Disney dengan gambar yang lebih menarik dan cerita yang lebih menghibur. Kini, setidaknya sudah ada 3 franchise unggulan Dreamworks yang masih laku dibuatkan sekuel sampai beberapa tahun ke depan, Madagascar, How To Train Your Dragon, Kung Fu Panda, dan menyusul tahun depan Crood akan mendapatkan sekuel pertamanya.

2

Sekuel kedua sekaligus penerus serial TV Kung Fu Panda kali ini akan mengambil tema tentang chi. Sedikit informasi tentang chi, dalam istilah tradisional China kuno, Chi atau yang terkadang disebut dengan qi adalah sebuah energi yang mengalir yang membentuk kehidupan bagi mahluk hidup. Ada yang mengartikan chi adalah udara yang kita hirup. Pasalnya udara (oksigen) tersebut ketika dialirkan ke seluruh tubuh dapat memberikan kehidupan bagi organ- organ tubuh sekaligus menjadi dasar bagi tenaga yang kita miliki. Konsep chi sendiri sebenarnya banyak ditemukan di dalam kebudayaan lain. Sebut saja prana dalam Hindu, pneuma bagi bangsa Yunani kuno, dan mana dalam kebudayaan Hawaii. Bagi masyarakat modern banyak yang mengerti chi adalah sebuah energi yang dimiliki oleh para ahli bela diri, khususnya para gamer yang memahami chi adalah energi lepas yang bisa dilontarkan karakter dalam game fighting. Atau The Force yang sangat populer dalam universe Star Wars.

3

Perpaduan antara unsur barat dengan seni mandarin menjadi style tersendiri bagi franchise ini. Jika dibangingkan dengan 2 film pendahulunya, Kung Fu Panda 3 memiliki unsur mandarin yang lebih kental. Bisa jadi ini dikarenakan adanya campur tangan studio Cina dalam proses produksinya. Sebagai central role, Jack Black mampu mengantarkan joke- joke segarnya ke dalam animasi yang begitu apik ini. Unsur lain yang bisa menjadi salah satu nilai kuat dalam film ini adalah plot fatherhood yang cukup kental di film ini. Dengan memberikan porsi lebih banyak kepada karakter Mr. Ping, yang menjadi ayah angkat Po jika dibandingkan 2 film pendahulunya, membuat film ini memiliki nilai emosional tersendiri. Hanya saja unsur rivalitas antar ayah, yang seharusnya masih bisa digali lebih dalam, terasa serba tanggung di film ini. Padahal jika seandainya mau ditampilkan lebih intens, akan dapat menimbulkan komedi yang lebih segar.

4

Dari segi voice casting, aktor- aktris yang kembali memerankan karakternya masing- masing sudah semakin bagus. Dari bagian pendatang baru, J.K. Simmons sudah mampu memberikan unsur villain yang cukup menyeramkan bagi karakter Kai. Lalu Bryan Cranston juga bisa menyuarakan seorang ayah yang santai dengan sempurna. Bisa dibilang dirinya berhasil memberikan sosok Po versi tua, sehingga chemistry ayah- anak di antara Jack Black dan dirinya sangat terasa. Yang cukup mengagetkan adalah karakter Mei Mei yang dari penggambaran sangat pas dengan Rebel Wilson. Dari chubby-nya, kepedeannya, sampai sok kerennya. Bahkan dari suaranya pun saya pikir itu suara Rebel Wilson. Salut untuk Kate Hudson, yang ternyata mengisi suara karakter tersebut. Pasalnya sebenarnya memang karakter Mei Mei digambarkan untuk Wilson, namun dikarenakan konflik jadwal akhirnya peran tersebut diberikan kepada putri Goldie Hawn tersebut. Dan ternyata dirinya berhasil meniru suara dan cara berbicara Wilson dengan sempurna.5

Seperti halnya 2 predesornya, selain mengadaptasi aksi- aksi laga dari film Kung Fu, Kung Fu Panda 3 juga memiliki nilai- nilai filsafat yang cukup kental, layaknya kebudayaan Cina dan ajaran Kung Fu, yang pada dasarnya tidak jauh dari nilai- nilai kehidupan. Meskipun jika ditilik dari segi tensi ketegangan, masih di bawah film pertamanya dan dari dark story dan dramanya masih tidak semenyentuh film keduanya, film ketiga ini bisa dikatakan cukup menghibur dan menjadi tontonan yang mengasyikan. Dan sudah dapat dipastikan bahwa film ini bukanlah pelengkap trilogi dan menutup franchise Kung Fu Panda, pasalnya pihak studio sudah mengkonfirmasi bahwa ke depannya akan ada sekuel lagi, hanya saja masih belum dapat dipastikan kapan dirilis. (dnf)

Rating:

7.5/10

 

2 thoughts on “Kung Fu Panda 3 (2016)

    • Kmrn karena screening ga yg 3d. Terus pas ntn kedua sama anak ga pake 3d juga. Jd ga bs kasih komen bos… hehhee… tp kata tmn2 yg ud ntn 3d katanya bagus sih….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s