Money Monster (2016)

Lee Gates: The name is Lee Gates. The show is Money Monster.

money_monster_poster_2

Directed By: Jodie Foster

Cast: George Clooney, Julia Roberts, Jack O’Connell, Dominic West, Caitriona Balfe, Giancarlo Esposito, Christopher Denham

Synopsis:

Money Monster adalah sebuah acara yang membahas tentang pasar saham dan investasi dan dipandu oleh Lee Gates (George Clooney). Ketika saham IBIS Global Capital turun dan membuat para pemegang saham kehilangan USD 800 Juta, Gates berencana untuk memanggil sang CEO, Walt Camby (Dominic West) untuk melakukan wawancara live di acaranya. Namun dikarenakan urusan bisnis, Walt tidak bisa hadir dan digantikan oleh Kepala bagian humas, Diane Lester (Caitriona Balfe).

Namun sebuah insiden terjadi. Salah seorang investor yang kehilangan USD 60 ribu karena berinvestasi di IBIS atas saran Lee di salah satu episode Money Monster, Kyle Budwell (Jack O’Connell) menyandera Lee dan dengan tetap siaran langsung menuntut penjelasan dari Camby atas kerugian tersebut. Penjelasan resmi tentang adanya glitch dalam sistem algoritma dianggap omong kosong oleh Kyle.

Sutradara acara Patty Fenn (Julia Roberts) mencium adanya praktek busuk yang dilakukan oleh Camby. Dengan bantuan Diane, Patty mencoba mencari tahu latar belakang perihal kerugian massal tersebut sambil berpicu dengan waktu sebelum Captain Marcus Powell dari kepolisian membunuh Kyle.

Review:

1

Di era modern sekarang ini, tanpa disadari uang sudah memperbudak manusia. Tidak sedikit manusia yang rela menghabiskan lebih dari 20 jam tiap hari hanya untuk bisa membayar tagihan listrik dan telepon. Bahkan tidak sedikit pula yang mengorbankan keluarganya dengan tidak memberikan perhatian yang cukup. Dan dengan kerasnya persaingan kerja yang sayangnya membuat kebutuhan hidup lebih tinggi daripada pendapatan membuat manusia berfikir untuk mencari sumber penghasilan tambahan. Ada yang memiliki kerja paruh waktu, ada yang menjalankan bisnis, dan adapula yang menginvestasikan sejumlah uangnya di pasar modal. Malangnya tidak semua investor mengerti dan memahami seluk beluk pasar modal. Mereka mempercayakan begitu saja kepada pialang dan tidak jarang mengikuti nasihat dan petunjuk orang- orang yang dianggap ahli dalam bidang pasar modal. Bagi mereka yang beruntung, akan menambah pundi- pundi kekayannya. Namun bagi yang merugi, tidak sedikit yang hidupunya semakin terpuruk.

money-monster-dom-DF-08070_r_rgb.0

Money Monster mencoba menceritakan pengaruh buruk dari sebuah investasi buta yang dilakukan oleh seseorang dan ditambah dengan praktek miring sebuah korporasi raksasa. Bisa dikatakan film ini mencoba untuk menggabungkan antara film tentang TV yang sempat menjadi trend 2-3 dekade lalu dan film tentang praktek ekonomi, meskipun tidak sejlimet Big Short. Nilai kuat dari film ini jatuh kepada akting para pemain, terutama 3 pemeran utamanya. George Clooney sejak pertama penampilannya di awal film sudah mampu menciptakan imej egosentris yang nyebelin dan menganggap dirinya paling penting. Dan peran Lee Gates memang pantas diberikan kepadanya. Julia Roberts bermain sangat pas menjadi woman of the show, yang tough dan benar- benar memegang kendali. Tapi kredit paling besar patut diberikan kepada Jack O’Connell. Bagi saya pribadi, akting aktor muda tersebut mampu mengimbangi senior- seniornya, bahkan bisa mengungguli dengan ledakan- ledakan emosi, yang mampu memberikan simpati pada penonton sejak awal kemunculannya.

3

Jika ingin berbicara mengenai naskah, sebenarnya film ini memiliki naskah yang sangat sederhana. Apa yang disajikan lewat naskah film ini sebenarnya bisa dibilang sangat dangkal. Bahkan penonton pun sudah bisa menduga akhir cerita film ini hanya dengan menyaksikan 10 menit awal film saja. Hanya saja keberuntungan membuat naskah ini bisa dipegang oleh sutradara yang kompeten. Jodie Foster telah membutikan dirinya masuk ke dalam jajaran bintang film sukses yang juga sukses menjadi sutradara mengikuti Clint Eastwood dan Mel Gibson. Foster seakan tidak memberikan penonton untuk keluar ke WC dengan memberikan durasi yang sangat padat dengan tensi yang tetap terjaga. Ditambah lagi Foster mampu menyelipkan joke- joke ringan yang menambah menariknya film ini.

4

Money Monster menjelma menjadi sebuah sajian alternatif di tengah riuhnya pesta CGI film- film blockbuster di musim panas. Setidaknya film ini bukanlah merupakan sebuah sekuel, prekuel, reboot, ataupun adaptasi dari komik atau novel atau game. Film ini murni menggunakan naskah original. Sehingga bisa menjadi varian hiburan alternatif. (dnf)

Rating:

9/10

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s