Finding Dory (2016)

Jenny: You can do whatever you put your mind to.

Poster

Directed By: Andrew Stanton, Angun McLane

Cast: Ellen DeGeneres, Albert Brooks, Hayden Rollence, Ed O’Neill, Kaitlin Olson, Ty Burrell, Diane Keaton, Eugene Levy, Idris Elba, Dominic West, Bill Hader, Sigourney Weaver

Synopsis:

Dory (Ellen DeGeneres) yang mengidap penyakit short- term memory loss tiba- tiba mengingat sedikit- sedikit mengenai masa lalunya, di mana dia terpisah dengan kedua orang tuanya, Jenny (Diane Keaton) dan Charlie (Eugene Levy). Dengan bantuan Marlin (Albert Brooks) dan Nemo (Hayden Rollence), ikan blue tang ini kemudian menyebrangi samudera dari Australia ke pesisir pantai California untuk menemui kedua orang tuanya tersebut.

Review:

1

Jika ingin menyebutkan salah satu film animasi, yang bukan hanya sukses secara komersil, tapi juga menciptakan sebuah trend tersendiri, kita bisa menyebutkan judul animasi keluaran Pixar tahun 2003, Finding Nemo. Pasalnya, bukan hanya filmnya yang mendapatkan apresiasi positif dan mencetak box office yang cukup besar. Namun dengan hadirnya film tersebut, menciptakan trend tersendiri akan hobi ikan hias, khususnya ikan hias laut. Clown fish dan blue tang yang merupakan 2 jenis ikan hias laut yang menjadi spesies karakter utamanya, menjadi incaran para kolektor. Dari dewasa sampai anak- anak. Di pasaran Indonesia sendiri, dijual dengan sebutan ikan nemo dan ikan dory. Meskipun ada juga spesies ikan lain yang bernama ikan dori (google aja, ikan bernama spesies ikan dori jauh dari kesan lucu, menggemaskan layaknya blue tang, dan saya rasa tidak ada orang yang ingin memeliharanya sebagai seekor pet fish.

gallery_findingdory_7_c7217635

Berselang 13 tahun setelah perilisannya, Pixar mencoba untuk membangkitkan kembali hype tersebut. Hal ini disambut dengan berbagai macam tanggapan. Baik itu excitement bagi mereka yang menggemari film pertamanya, maupun kekhawatiran dari pihak- pihak konservasi hewan laut, karena ditakutkan akan meningkatkan perburuan ikan blue tang, dan mengancam kelestariannya di habitat aslinya. Namun juga banyak pihak yang mengharapkan film ini bisa menjadi semacam edukasi yang menghibur terhadap kelestarian hewan laut bagi anak- anak kecil.

3

Dari segi cerita, sebenarnya tidak ada ide fresh yang ditawarkan oleh Finding Dory ini. Selayaknya judulnya saja, kisah ini tidak lain hanya memindahkan pencarian dari karakter Nemo ke Dory. Namun pilihan memindahkan setting kisah yang mayoritas dari lautan lepas ke sebuah wahana konservasi pelestarian ikan laut, merupakan sebuah pilihan yang tepat. Sebagaimana saya sebutkan tadi, dengan begini, setidaknya sineas bisa mengajari para anak kecil, bahwa ikan laut lebih baik berenang bebas di laut. Penangkapan bukan dimaksudkan untuk di “penjara” dalam sebuah akuarium kecil, namun untuk membantu spesiesnya itu sendiri. Yaitu untuk melestarikan atau mengobati jika ada yang sakit dan terluka. Seperti quote yang kerap disebutkan oleh Sigourney Weaver dalam film ini, “Rescue, Rehabilitation, and Release”.

4

Ellen DeGeneres sebagai Dory mampu memberikan nyawa terhadap karakter tersebut. Bisa dikatakan kemampuannya dalam men-dub bisa menghidupkan karakterisasi sifat Dory yang polos, kekanakkan, dan naif tersebut. Di lain pihak, absennya karakter- karakter yang cukup mencuri perhatian dari film pertamanya, seperti Bruce the Shark dan Nigel digantikan dengan karakter- karakter yang cukup menarik seperti trio singa laut, Destiny, dan Bailey.

5

Dengan animasi yang halus serta memanjakan mata, Finding Dory mampu memberikan hiburan tersendiri, baik bagi para anak- anak, maupun para dewasa yang dulu sempat menyaksikan film pertamanya. Joke- joke yang cukup safe bagi anak- anak juga membuat film layak untuk dijadikan tontonan hiburan bagi seluruh keluarga. Berbeda dengan film- film animasi sekarang yang memiliki tema lebih dewasa dan hanya menyisakan “gambar” nya saja untuk dinikmati oleh penonton anak- anak. Anyway, jangan beranjak sampai credit title selesai. Ada stinger yang menarik, khususnya bagi anda yang menonton film pertamanya. (dnf)

Rating:

8/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s