Star Trek Beyond (2016)

Bones: Afraid of dying is what keeps us alive.

star-trek-beyond-poster-international

Directed By: Justin Lin

Cast: Chris Pine, Zachary Quinto, Karl Urban, Zoe Saldana, Simon Pegg, John Cho, Anton Yelchin, Idris Elba, Joe Taslim, Sofia Boutella, Lydia Wilson

Synopsis:

Setelah diberikan tugas untuk membantu seorang alien bernama Kalara (Lydia Wilson), kapal USS Enterprise diserang oleh pasukan alien yang dipimpin oleh Krall (Idris Elba) yang dibantu oleh tangan kanan setianya, Manas (Joe Taslim). Penyerangan tersebut mengakibatkan korban jiwa yang tidak sedikit dari USS Enterprise. Beberapa kru, yang diantaranya adalah Sulu (John Cho) dan Uhura (Zoe Saldana) disekap dan dijadikan tawanan oleh Krall, sementara kru lainnya yang terdiri dari Captain Kirk (Chris Pine), Spock (Zachary Quinto), Bones (Karl Urban), Scotty (Simon Pegg), Chekov (Anton Yelchin), dibantu oleh seorang alien bernama Jaylah (Sofia Boutella) berhasil selamat dan mau tidak mau harus mencari kawan- kawan lainnya untuk kabur dari planet tersebut.

Review:

1

Paska diputuskan untuk meneruskan versi layar lebar dengan memfokuskan cerita kepada alternate reality-nya, Star Trek telah menjelma menjadi sebuah franchise yang digemari bukan hanya tertutup kepada geeks saja. Berbeda dengan film- film versi original-nya, Star Trek yang dibawakan oleh JJ Abrams lebih pop corn dan lebih dapat diterima khalayak ramai dengan lebih menonjolkan segi aksi seru ketimbang drama fiksi ilmiah dengan kandungan yang berat. Hal ini mendatangkan apresiasi yang beragam, baik itu apresiasi positif dengan adanya penambahan jumlah member trekkie, dan juga sebaliknya apresiasi negatif yang tidak terlalu menyukai gambaran Star Trek yang terlalu “summer movie”.

2

Bagi mereka yang menyukai gebrakan Abrams tadi, pasti akan menyukai film ketiganya ini. Pasalnya, dari materi trailer sudah terasa feel yang jauh berbeda dengan versi klasiknya. Suguhan aksi serta adegan laga yang menghibur menghiasi trailer- trailer-nya. Dan memang, naskah yang kali ini ditulis oleh Simon Pegg jauh dari warna sciene fiction berat. Apalagi ditangani oleh Justin Lin, seorang sutradara yang berhasil mengangkat franchise The Fast and The Furious dari keterpurukan. Bukan hanya itu, Lin juga berhasil merubah citra franchise tersebut dari sebuah drag race movie menjadi sebuah heist movie dengan skala internasional. Kepiawaiannya pula yang membuat jilid ketiga dari sebuah seri terlupakan menjadi sebuah bagian yang cukup signifikan dalam kesinambungan franchise. Fingerprints Lin sangat kental terasa di film ini. Bagaikan masih mengukuhkan dirinya sebagai sutradara franchise balapan, Lin memasukkan unsur aksi kebut- kebutan motor yang cukup bagus. Ditambah dengan joke- joke fresh hasil kolaborasinya dengan Simon Pegg sebagai penulis naskah.

star-trek-beyond-3

Simon Pegg memanfaatkan posisinya sebagai penulis naskah dengan memberikan porsi yang lebih kepada karakter- karakter pendukung lainnya untuk lebih memiliki peranan dalam keutuhan cerita. Apalagi untuk karakternya, Scotty. Hanya saja, karakter Jaylah, yang digadang- gadang seolah- seolah akan memiliki peran sentral yang menonjol, jika dilihat dari materi posternya, menjelma menjadi karakter tempelan yang kurang begitu kuat. Ini bukan karena sang aktris, Sofia Boutella yang kurang maksimal. Namun karena terlalu banyaknya karakter yang diberikan peran. Sementara hal lain yang harus dikorbankan adalah bromance antara Kirk dan Spock yang pada 2 film pendahulunya menjadi satu kekuatan dalam plot cerita.

5

Star Trek Beyond sekali lagi berhasil menempatkan diri sebagai sebuah sajian block buster yang cukup wah. Namun mungkin tidak begitu mengasyikan bagi mereka yang passion akan sciene fiction-nya sudah terlalu mengakar apalagi bagi mereka yang tidak menyukai 2 film pendahulunya. Untungnya bagi penonton Indonesia, ditambahi sebuah bonus. Dengan terlibatnya aktor laga yang juga mantan atlit Judo, Joe Taslim. Bahkan meskipun 99% kemunculannya menggunakan make up, karakternya sebagai henchman cukup membanggakan dan bukan hanya musuh numpang lewat, seperti yang disebut- sebut oleh para hater. (dnf)

 

Rating:

7.5/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s