Ghostbusters (2016)

Cabbie: I don’t go to Chinatown, I don’t do wackos. And I ain’t afraid of no ghosts!

Poster

Directed By: Paul Feig

Cast: Kristen Wiig, Melissa McCarthy, Kate McKinnon, Leslie Jones, Chris Hemsworth, Neil Casey, Andy Garcia

Synopsis:

Setelah dipecat dari pekerjaannya, seorang ilmuwan Erin Gilbert (Kristen Wiig) kembali bergabung dengan rekan masa kecilnya, yang sama- sama percaya akan eksistensi hantu dan ingin membuktikannya. Ditemani dengan seorang ilmuwan nuklir, Jillian Hotzzman (Kate McKinnon), mereka menelusuri tempat- tempat yang diyakini berhantu. Lama kelamaan mereka menjadikan penelitian ini menjadi profesi mereka untuk mengusir hantu. Dibantu oleh seorang idiot bernama Kevin (Chris Hemsworth) dan petugas kereta api bawah tanah, Patty Tolan (Leslie Jones), mereka mendirikan tim yang kelak dijuluki Ghostbusters.

Tantangan awal datang dari seorang aneh yang berniat untuk membangkitkan arwah- arwah yang mendiami sudut- sudut kota New York, Rowan North (Neil Casey) untuk membalaskan dendam atas perlakuan buruk dari orang- orang.

Review:

1

Bagi generasi 80-an tentu tidak akan asing dengan franchise Ghostbusters yang dipopulerkan di negara kita lewat serial animasi The Real Ghostbusters yang tayang pada zaman awal era TV Swasta yang saat itu masih pakai decoder. Franchise yang juga menjelma menjadi salah satu simbol pop culture di tahun 80-an ini sudah akrab dengan para pecinta serial animasi. Di negara asalnya, franchise ini memberikan torehan tersendiri di sejarah industri perfilman, dengan menggabungkan elemen horor dengan komedi. Pada zamannya, genre horor lekat dengan adegan- adegan menakutkan. Franchise ini tidak jarang digabung dengan franchise Teenage Mutant Ninja Turtles. Tidak sekali dua kali kedua seri tersebut dibuatkan cross over. Mungkin dikarenakan jumlah anggota yang sama- sama berjumlah 4 orang. Legacy franchise ini  juga menelurkan film- film sejenis yang memiliki template tim berjumlah 4 orang yang melawan musuh- musuh unik. Seperti Evolution dan Pixels.

2

Franchise yang terlahir dari ide komedian Dan Aykroyd dan Harold Ramis ini aslinya diperuntukkan untuk menaikkan pamor rekan mainnya di Saturday Night Live, James Belushi. Namun karena satu dan lain hal, Belushi gagal main yang kemudian porsinya digantikan oleh Bill Murray. Isu untuk melanjutkan sekuel film ini sebenarnya sudah tercetus dalam beberapa dekade ke belakang. Hanya saja begitu banyaknya batu ganjalan membuat ide tersebut tidak terlaksana. Sampai akhirnya salah satu motor, Bill Murray sudah tidak tertarik lagi untuk ikut serta dalam sekuel. Dan Harold Ramis meninggal pada tahun tahun 2014 lalu.

ghostbusters-2016-reboot-movie-review-chris-hemsworth

Akhirnya lampu hijau penerusan franchise ini nyala setelah Paul Feig resmi terpilih menduduki bangku sutradara. Langkah pertama yang diambil adalah mengganti semua karakter utamanya, baik nama maupun jenis kelamin. Hal yang riskan sebenarnya, mengingat pro dan kontra pastinya tidak akan terbendung. Terutama yang kontra. Tidak aneh sebenarnya bagi yang mengetahui latar belakang Feig yang tumbuh di lingkungan wanita yang feminim membuat dirinya memiliki jiwa yang sexist. Dalam hal ini memandang wanita berada di atas pria. Dapat terlihat dari film- filmnya yang kebanyakan mengedepankan karakter wanita. Terutama Melissa McCarthy yang sudah menjadi duet mautnya dan terbukti membantu kesuksesan film- filmnya. Gayung bersambut, petinggi Sony Pictures, menyetujui usulan berisiko besar tersebut. Bahkan demi mengukuhkan ke-sexist-annya, Feig menghadirkan karakter Kevin yang layaknya seorang model iklan Calvin Klein yang diperankan oleh Chris Hemsworth menjadi seseorang yang bodoh. Hal ini untuk menyindir stereotype karakter- karakter wanita beauty but no brainer yang kerap muncul di film- film Hollywood.

4

Hasilnya? Entah karena sudah terlanjut memasang ekspektasi yang rendah serendahnya atau memang kepiawaian Feig, ternyata cukup sukses memberikan warna baru dari franchise ini. Meskipun memiliki karakter- karakter wanita sebagai tokoh utama, namun Feig masih menyadari bahwa penggemar franchise ini mayoritas pria. Sehingga masalah- masalah yang dikedepankan bukan masalah yang feminim. Malahan bagi saya pribadi, jika seandainya karakter- karakter baru tersebut diganti menjadi pria tidak akan ada bedanya tanpa harus mengganti naskah. Feig juga membayar kekecewaan para fans dengan menghadirkan segudang tribute dan easter egg yang muncul di sana- sini. Dari reka ulang adegan dari film originalnya, kemunculan keseluruhan pemeran utama (bahkan Harold Ramis yang sudah meninggal pun diberikan tribute tersendiri di film ini), kemunculan hantu- hantu ikonik, sampai after credit scene dan mid credit scene yang pastinya akan membuat fans kegirangan. Jika berbicara tribute bahkan sampai pemilihan keempat aktris utama bisa dikatakan sebuah tribute. Keempatnya adalah jebolan Saturday Night Live, sama halnya dengan Harold Ramis, Dan Aykroyd, Bill Murray, dan Rick Moranis.

5

Komedi yang dihadirkan terasa cukup segar. Tampilan para hantu pun dibuat sedemikian mirip dengan template hantu- hantu di film pertamanya. Jika ingin berbicara mengenai para cast-nya, sorotan terbesar patut diberikan kepada Kate McKinnon yang tampil cukup memukau di film ini. Karakternya yang unik bisa menjadi scene stealer di setiap kehadirannya. Di samping di antara keempatnya bagi saya pribadi, dia yang paling cantik. (hehehehe… dasar cowok). Melissa McCarthy tidak terlalu membawakan perannya yang sudah sangat menempel, yaitu menjadi wanita gemuk menyebalkan yang self center. Kristen Wiig dan Leslie Jones bermain dengan cukup pas sebagai perannya masing- masing.

6

It the end, Paul Feig telah berhasil mengkreasikan ulang franchise lawas ini dengan sangat baik. Sisi feminisnya telah diaplikasikan ke dalam film ini sehingga cukup memberikan warna baru yang membedakan dengan film lamanya. Sekuel? Yes, please. (dnf)

Rating:

8/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s