The Shallows (2016)

Nancy: Get out of the water! Shark!

Poster

Directed By: Jaume Collet- Serra

Cast: Blake Lively, Oscar Jaenada

Synopsis:

Nancy Adams (Blake Lively) adalah seorang mahasiswi kedokteran yang memutuskan untuk tidak meneruskan kuliah paska kepergian sang ibu. Demi mengobati rasa rindunya, dia memutuskan untuk berkunjung ke sebuah pantai terpencil di Amerika Selatan, di mana sang ibu pernah berlibur saat mengandung dirinya, untuk berselancar. Namun seekora hiu putih besar mengincari keselamatannya. Nancy hanya mampu bertahan di sebuah pulau karang kecil. Berpacu dengan waktu, Nancy harus berusaha menyelamatkan diri sebelum air pasang menutup pulau karang tersebut.

Review:

1

Jaws memberikan efek yang sangat luar biasa di dalam perkembangan industri perfilman. Bukan hanya melahirkan trend summer movie, di mana studio- studio saling berlomba mengeluarkan film bergengsinya dengan modal yang sangat besar tiap tahunnya di medio liburan musim panas. Namun Jaws juga menciptakan suatu trend film thriller yang menggunakan momok hewan pemakan manusia yang menakutkan. Di luar dari dunia perfilman, Jaws memberikan efek trauma terhadap para penonton yang mengaku tidak berani mendekati lautan karena takut dimakan ikan hiu. Efeknya, beraneka macam spesies ikan hiu menjadi suatu sosok menakutkan bagi penonton awam. Padahal sebenarnya, mayoritas ikan ini tidak menyerang manusia. Penyerangan biasanya dikarenakan oleh dua hal. Yang pertama adalah bau darah yang mampu merangsang ikan hiu dan dapat tercium dari jarak yang cukup jauh. Kedua adalah baju selam ketat yang digunakan para surfer dan penyelam yang di mata ikan hiu seperti anjing laut yang merupakan hidangan favoritnya.

2

Secara premis sebenarnya cukup menjanjikan, meskipun format semacam ini sudah kerap kali dipakai. Adapun pemakaian format di mana si protagonis harus bertahan hidup di sebuah lokasi seorang diri memerlukan kualitas akting yang cukup hebat. Karena harus mampu memainkan emosinya tanpa tektokan pemain pendukung dalam satu scene. Lihat saja Tom Hanks. Secara CV, Blake Lively sebelumnya belum membuktikan dirinya merupakan seorang aktris watak yang mampu berakting seorang diri. Jadi pemilihan dirinya sebagai pemeran utama merupakan sebuah keputusan berisiko tinggi. Namun ternyata istri dari sang Deadpool ini mampu memberikan performa terbaiknya dibandingkan film- filmnya terdahulu. Lively mampu membawakan karakter Nancy yang bukan merupakan seorang superhero. Namun mampu mengatasi situasi dengan cukup smart dan manusiawi.

3

Sebenarnya kredit terbesar patut diberikan kepada sang sutradara, Jaume Collet- Serra yang mencicipi kesuksesan lewat Orphan. Jaume mampu menjaga tensi ketegangan yang cukup tinggi sepanjang film. Bahkan ketika adegan yang diperuntukkan untuk penonton mengambil nafas saja, masih bisa membuat penonton tegang dan ikut merasakan apa yang dirasakan oleh Nancy. Jadi bisa dikatakan The Shallows merupakan sebuah film yang mampu mengajak penonton ikut berempati dengan suasana hati karakter utamanya. Terlebih lagi, adegan- adegan aksi yang disajikan cukup memompa adrenalin. Penggunaan insert- insert gambar yang diperuntukkan untuk membuat tampilan video call disajikan cukup stylish.

the-shallows-movie-trailer-video

The Shallows menjelma menjadi sebuah film yang sangat realistis dan dekat dengan kita. Sang karakter utama yang dibuat sebagai seorang average girl menjadi sebuah nilai lebih yang membuat karakternya menjadi cukup humanis. Setting lokasi di perairan dangkal juga membuat filmnya terasa lebih dekat dengan kita. Jika Jaws membuat penonton dulu parno untuk mendekati laut, apakah The Shallows sukses membuat penonton parno mendekati pantai? (dnf)

Rating:

8/10

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s