Don’t Breathe (2016)

Poster

Directed By: Fede Alvarez

Cast: Stephen Lang, Jane Levy, Dylan Minnette, Daniel Zovatto

Synopsis:

Money (Daniel Zovatto), Rocky (Jane Levy), dan Alex (Dylan Minnette) adalah kawanan pencuri muda yang berencana untuk membobol rumah seorang veteran buta yang hidup seorang diri di lingkungan yang kumuh (Stephen Lang). Hanya saja, ternyata sang veteran memiliki skill yang mematikan. Keempat indera lainnya mampu menutupi indera penglihatannya yang tidak berfungsi. Dan rencana pencurian tersebut menjadi neraka bagi mereka.

Review:

1

Ciri khas sebuah film, atau karya seni lainnya, adalah membuat audience berempati terhadap karakter protagonis. Meskipun diceritakan sang protagonis memiliki profesi sebagai pembunuh bayaran, perampok, atau gangster sekalipun biasanya cerita menghadirkan karakter villain yang jauh lebih jahat dan membuat penonton memberikan izin atas apapun kejadian buruk dan hukuman yang diterima oleh sang villain. Uniknya film Don’t Breathe memiliki template di mana justru karakter villain atau antagonisnya merupakan si korban. Dan semua perlakuan buruk yang dilakukannya ditujukan kepada mereka yang pernah menyakitinya, seperti para protagonis di film ini yang merupakan komplotan pencuri. Dan itu bisa saja terjadi sama kita. Dan di kehidupan nyatapun kita pastinya akan mendukung karakter The Blind Man. Masih ingatkan berita yang sempat viral tentang seorang korban pencurian yang membela diri dengan memukul kepala si pencuri sampai mati, eh malah dipenjara? Coba gimana tanggapan kita? Mendukung si pencuri atau mendukung si korban?

2

Fede Alvarez adalah seorang sutradara yang sukses memberikan level ketegangan lebih tinggi saat me-reboot film Evil Dead. Bahkan tidak sedikit pujian diberikan yang menyatakan bahwa karyanya tersebut mengungguli film aslinya yang disutradarai oleh Sam Raimi, yang berlaku sebagai produser di film reboot-nya tersebut. Otomatis ketika berhasil mengamankan naskah film yang tadinya akan diberi judul The Man in The Dark ini, mantan sutradara Spider- Man itu langsung mengkontak Alvarez. Dan terbukti sekali lagi, dia mampu memberikan level ketengan yang sangat seru dari awal hingga akhir film. Ketegangan juga berhasil dibangun lewat tangan sinematografer Pedro Luque. Luque berhasil membuat shot shot yang cukup efektif dalam membangun ketegangan. Duet Luque dan Alvarez berhasil mengelurkan klaustrofobia penonton di tengah adegan kucing- kucingan antara para pencuri dan pemilik rumah.

3

Selain memboyong Alvarez, Raimi juga membawa Jane Levy yang ikut memeriahkan reboot Evil Dead. Jika di film reboot tersebut, Levy mampu membuat penonton ketakutan, di sini Levy mampu membuat penonton terpecah antara simpati dengan kehidupan pribadinya dan sebal dengan sikapnya yang mementingkan diri sendiri dan cukup seductive. Zovatto bermain cukup pas. Minnette mampu memainkan karakter yang memiliki moral yang paling tinggi di film ini. Sementara standing applause patut kita berikan kepada Stephen Lang. Aktor yang meski sudah menginjak usia senja namun tetap fit ini memang tidak pernah fail dalam membawakan perannya. Apalagi jika memainkan peran villain, seperti saat memerankan karakter Colonel Quaritch di Avatar.

4

Don’t Breathe mempertanyakan moral kita yang mampu berbuat keji terhadap orang yang kurang beruntung, dalam hal ini orang yang cacat. Dan bisa dikatakan film ini masuk ke daftar kuda hitam yang mampu memberikan kejutan tersendiri di dalamnya. Alur ketegangan tetap terjaga dari awal sampai habis dengan selipan twist yang cukup tertutup rapi hingga dua pertiga durasi. Tidak salah film ini memiliki judul Don’t Breathe, because we can not breathe while watching this movie. (dnf)

Rating:

8.5/10

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s