The Accountant (2016)

Poster

Directed By: Gavin O’Connor

Cast: Ben Affleck, Anna Kendrick, Jon Bernthal, John Lightgow, J.K. Simmons, Jeffrey Tambor, Cynthia Addai- Robinson

Synopsis:

Christian Wolff (Ben Affleck) adalah seorang akuntan freelance yang memiliki klien dari dunia kriminal, seperti gembong teroris, mafia, maupun penjahat- penjahat kelas kakap lainnya. Suatu ketika, dia disewa untuk menangani perusahaan milik industrialis Lamar Black (John Lightgow) yang mengalami tindak pidana fraud yang ditemukan oleh akuntan perusahaan, Dana Cummings (Anna Kendrick). Namun tugas yang diambilnya tersebut membuat dirinya, Dana, dan semua yang terlibat dengan praktek curang tersebut menjadi target seorang pembunuh bayaran, Braxton (Jon Bernthal) yang disewa untuk menutupi korupsi tersebut. Di waktu yang sama, Wolff menjadi target analis Departmen Keuangan, Marybeth Medina (Cynthia Addai- Robinson) yang ditugasi oleh atasannya, Ray King (J.K. Simmons) untuk mengungkap jati diri sang akuntan.

Review:

1

Paska kegemilangannya lewat film Argo dan terpilih menjadi Batman, nama Ben Affleck yang dulu, bersama sang sahabat, sempat digadang- gadang memiliki potensi besar, mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Satu dekade ke belakang, karir aktor ini mengalami degradasi karir yang cukup parah. Razzie Awards-pun identik dengan namanya. Namun kini, dirinya mampu menonjolkan sisi bad ass-nya lewat performa Batfleck yang membungkam mulut para haters. Kini berduet dengan Gavin O’Connor yang cukup sempurna melahirkan film Warrior (yang juga disebut sebagai perkenalan sosok Tom Hardy yang ganas sebelum penampilannya sebagai Bane).

2

Sekilas bagi yang menyaksikan film ini akan berpendapat bahwa apa yang disajikan memiliki kemiripan dengan cerita vigilante, dalam hal ini Batman. Mengapa tidak? Kilas balik yang menggambarkan origins sang protagonis yang “terpaksa” keliling dunia karena profesi sang ayah sebagai militer membuatnya menimba ilmu dari berbagai macam ilmu, khususnya ilmu bela diri. Pemilihan J.K. Simmons sebagai agen pemerintah pun seperti disengaja oleh Warner Bros untuk trivia film Justice League di mana dia akan berperan sebagai Commissioner Gordon. Namun kesalahan penulis naskah, Bill Dubuque, di film ini adalah mencampur adukkan berbagai macam genre ke dalam film, yang sebenarnya memiliki potensi action yang cukup padat. Family value yang cukup kental dalam film ini bagi saya membuat penyajian kisah menjadi cukup dragging. Memang Dubuque pernah sukses lewat The Judge yang mengangkat tema kelurga. Namun membawa unsur tersebut ke dalam sebuah thriller ala Jason Bourne membuat beberapa scene terasa cukup “lemes”.

3

Namun kelemesan tersebut bisa dimaafkan, karena Dubuque dan O‘Connor berhasil menyajikan sajian action thriller perpaduan antara thriller ekonomi macam The Wallstreet dengan spionase macam Jason Bourne. Mungkin juga di pikiran mereka ingin menciptakan sebuah franchise tersendiri paska lahirnya beberapa franchise aksi baru beberapa tahun ke belakang seperti Olympus Has Fallen, John Wick, The Equalizer, dan Jack Reacher yang kesemuanya sudah memiliki atau sudah dipersiapkan sebuah sekuel. Hal ini terlihat dengan kilas balik yang diselipkan di sana- sini untuk memberikan origins yang cukup kuat bagi Sang Akuntan. Performa Ben Affleck sendiri saya rasa cukup sempurna menjadi jagoan yang mengidap autisme sejak kecil ini. Dia mampu membawakan peran seorang bad ass di satu scene dan seorang nerd yang kaku di scene lainnya.

4

Pemeran pendukung lainnya juga cukup pas. Jon Bernthal jangan ditanya lagi. Semenjak populer lewat franchise film seri Zombie paling terkenal, Bernthal sudah menjelma sebagai seorang bintang action baru. Apalagi ditambah dengan performa sempurnanya sebagai The Punisher lewat serial Daredevil yang mendapatkan apresiasi cukup baik. Anna Kendrick cocok memerankan seorang akuntan junior yang sisi lugunya mampu mengimbangi kekakuan Wolff dan bisa menimbulkan nuansa komedi romantis. J.K. Simmons, seperti saya sebutkan di atas tadi, terlihat seperti memperlihatkan karakter Gordon yang nantinya akan dimainkan. John Lightgow, Jeffrey Tambor, Cynthia Addai- Robinson bermain cukup pas sebagai perannya masing- masing.

5

The Accountant bisa jadi akan mengikuti jejak Robert McCall, Mike Banning, Jack Reacher, dan John Wick sebagai seorang karakter action hero yang jika beruntung akan menjadi legenda layaknya karakter The Terminator, John Rambo, Jason Bourne, James Bond atau The Transporter dalam ranah dunia film aksi laga. Banyak yang beranggapan bahwa The Accountant cukup unik karena profesi akuntan sendiri dianggap jauh dari kesan cool layaknya seorang action hero. Imej akuntan cenderung sebagai seseorang yang memiliki rutinitas dengan pekerjaan membosankan dan tampilan yang kaku. Apakah memang seperti itu? Padahal profesi ini sempet top lho di tahun 80 dan 90-an. “Kalau mau cepet dapet kerja, kuliah ambil akuntansi aja”. Jadi apakah pekerjaan seorang akuntan membosankan? Saya jawab. IYA. Believe me, I’m an accountant. (dnf)

Rating:

7.5/10

2 thoughts on “The Accountant (2016)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s