The Mummy (2017)

Poster

Directed By: Alex Kurtzman

Cast: Tom Cruise, Sofia Boutella, Annabelle Wallis, Russell Crowe, Jake Johnson

Synopsis:

Saat sedang hendak mencari harta karun, dua orang prajurit, Nick Morton (Tom Cruise) dan Chris Vail (Jake Johnson) menemukan jalan masuk ke sebuah makam dari seorang putri kerajaan Mesir kuno, Princess Ahmanet (Sofia Boutella) yang dikutuk karena menjalankan sebuah kejahatan keji pada jamannya. Nick pun tanpa sengaja membangunkan sang putri. Untuk ini, Nick pun dikutuk untuk menjadi target persembahan sang putri kepada Dewa Set. Dengan bantuan seorang arkeolog Jenny Halsey (Annabelle Wallis) dan seorang dokter Henry Jekyll (Russell Crowe), Nick mencari jalan untuk menggugurkan kutukan tersebut.

Review:

1

Paska kesuksesan MCU, studio- studio saingan berbondong- bondong untuk menciptakan shared universe dari database film- film koleksinya untuk nantinya dikumpulkan ke dalam satu film. Salah satunya adalah Universal Monsters yang direinkarnasi ulang dengan julukan Dark Universe. Sedikit informasi mengenai Universal Monsters, adalah sekumpulan film- film dengan genre horor, sci- fi, dan thriller suspense yang dirilis oleh studio berlogo bola dunia tersebut dalam rentang dekade antara tahun 1920 sampai 1950an. Ada 4 karakter paling populer yang menjadi trade mark dari line franchise ini. Yaitu The Mummy, Dracula, Frankenstein, dan Wolfman. Karakter- karakter lainnya yang diperkenalkan lewat franchise ini antara lain adalah Gillman, The Invisible Man, The Phantom of The Opera, Quasimodo, Van Helsing dan Edgar Allan Poe.

2

Sebenarnya ini bukanlah kali pertama karakter- karakter horor klasik tersebut disatukan dalam sebuah franchise. Judul- judul film seperti Van Helsing, The Ghost Squad, atau yang belum lama tayang dwilogi Hotel Transylvania pernah mencoba formula ini. Termasuk line lego Monster Fighters, yang meskipun tidak memakai nama- nama karakter yang sama, tapi memakai sosok karakter yang sama dengan franchise ini. Untuk Dark Universe, film pertama yang dijadikan pembuka adalah The Mummy. Dengan mengadaptasi bebas dari film The Mummy tahun 1932. Menandakan ini kali kedua film tersebut diadaptasi bebas setelah sebelumnya sempat dilakukan oleh Stephen Sommers yang sekaligus membuktikan seorang Brendan Fraser pun mampu menjadi action hero bukan hanya sekedar komedian.

3

Sebelum menyaksikan film The Mummy baru ini hal yang perlu diperhatikan adalah, secara genre mungkin lebih mendekati versi tahun 1999 yang menggunakan pendekatan aksi petualangan dibaluti unsur komedi bukan seperti versi aslinya yang lebih menitikberatkan nuansa horor suspense. Begitu juga nantinya dengan film- film Dark Universe lainnya. Sebagai sebuah sajian aksi petualangan film ini sudah cukup menjanjikan. Meskipun secara naskah dan kemasan masih tidak sekuat versi Stephen Sommers yang mampu membuat penonton laksana menaiki wahana permainan, film ini cukup memberikan aksi seru yang cukup menegangkan. Hanya saja naskah masih terlalu dangkal. Sepertinya David Koepp dan Christopher McQuarrie terlalu sibuk untuk membuka franchise ketimbang memberikan cerita yang bagus sebagai sebuah film standalone.

4

Univesal sepertinya mengambil jalan yang cukup berbeda dengan Dark Universe ini dibanding yang diambil oleh DCEU, MCU, dan Monsterverse dalam hal pemilihan jajaran cast. Aktor- aktor yang telah terpilih tidak main- main, mereka adalah aktor- aktor papan atas jaminan sebuah film akan sukses secara komersil, selain tentunya Universal harus merogoh kocek dalam- dalam untuk mengiming- imingi aktor- aktor tersebut. Mereka adalah Johnny Depp, Javier Bardem, Russell Crowe, dan Tom Cruise. Tom Cruise diplot sebagai aktor untuk film pembuka sebagai magnet penonton. Jadi setidaknya kalau orang tidak tertarik dengan franchise-nya setidaknya akan tertarik untuk nonton Tom Cruise. Sayangnya di sini mantan Nicole Kidman ini tidak memberikan kemampuan terbaiknya. Tampilan serta akting Cruise sebagai Nick Morton di sini identik dengan Ethan Hunt. Sehingga di beberapa adegan aksi kita terasa seperti menonton film Mission: Impossible saja.

5

Untungnya Sofia Boutella mampu memainkan perannya dengan sempurna. Berbeda dengan yang sempat dibawakan oleh Boris Karloff dan Arnold Vosloo. Jika dibandingkan mungkin bisa dibandingkan dengan Cesar Romero, Jack Nicholson, dan Heath Ledger di mana masing- masing sukses membawakan karakter The Joker dengan sempurna dan memiliki ciri khas tersendiri. Dengan peran Princess Ahmanet ini, Sofia Boutella semakin menancapkan predikat Bad Ass Chick-nya setelah cukup menyita perhatian lewat jilid pertama Kingsman dan jilid ketiga Star Trek-nya Chris Pine. Boutella bahkan mampu mengalahkan sinar kebintangan saat harus beradu akting dengan Tom Cruise. Selain itu Russell Crowe juga cukup meyakinkan sebagai Jekyll/ Hide.

6

Meskipun memiliki naskah yang kurang sempurna, bisa dikatakan film ini mampu menjadikan pembuka untuk Dark Universe. Hanya saja pemilihan Tom Cruise mungkin bisa digantikan dengan aktor populer yang tidak memberikan stereotype terlalu sama dengan peran- peran lainnya. Mungkin misal Tom Hardy. Namun secara keseluruhan saya cukup optimis dengan kelangsungan Dark Universe ke depannya. Apalagi dengan diumumkannya karakter Phantom of The Opera dan Quasimodo akan diangkat juga melengkapi Frankenstein, Wolfman, Gillman, Van Helsing, dan The Invisible Man, yang telah terlebih dulu dipastikan akan muncul. Mudah- mudahan juga Universal akan segera memutuskan. Apakah akan tetap tidak memasukkan Dracula Untold ke dalam shared universe ini atau malah bagaimana. Karena keputusan tersebut akan mempengaruhi apakah perlu dibuatkan lagi film standalone Dracula atau melanjutkan kontrak Luke Evans, yang menurut saya sudah cukup sempurna memerankan Dracula dan cocok jika dimasukkan ke dalam Dark Universe. Karena apalah arti Dark Universe tanpa Dracula? (dnf)

Rating:

8/10

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s