It (2017)

Poster.jpg

Directed By: Andy Muschietti

Cast: Jaeden Liebeher, Jeremy Ray Taylor, Sophia Lillis, Finn Wolfhard, Chosen Jacobs, Jack Dylan Grazer, Wyatt Oleff, Bill Skarsgard, Nicholas Hamilton, Jackson Robert Scott

Synopsis:

Setelah kehilangan adiknya, Georgie (Jackson Robert Scott), seorang anak culun Bill Denbrough (Jaeden Lieberher) mengajak ketiga temannya; Richie (Finn Wolfhard), Eddie (Jack Dylan Grazer), dan Stan (Wyatt Oleff) untuk menghabiskan liburan musim panas mencari keberedaan sang adik, yang ternyata merupakan salah satu dari puluhan anak kecil yang hilang di kota kecil Derry.

Bersama dengan ketiga teman yang akhirnya ikut bergabung; Beverly (Sophia Lillis), Ben (Jeremy Ray Taylor), dan Mike (Chosen Jacobs), mereka akhirnya mengetahui bahwa ada sesosok mahluk menyeramkan berwujud badut bernama Pennywise (Bill Skarsgard) di balik hilangnya anak- anak tersebut. Pennywise ternyata merupakan sebuah mahluk mematikan yang gemar memakan daging dan ketakutan anak kecil dengan muncul sebagai sosok yang paling ditakutkan sang korban.

Review:

1

Coulrophobia adalah perasaan takut yang berlebih pada sosok badut. Badut bisa bikin takut? Meskipun bertujuan untuk pentas komedi dan menghibur, tapi tidak sedikit anak kecil (bahkan orang dewasa) yang merasa ketakutan melihat badut. Dengan make up yang sangat tebal serta perilaku aneh (yang sebenarnya adalah bagian dari aksi komedinya), badut sering diasosiakan dengan sosok yang menyeramkan. Ditambah lagi ada beberapa kejadian kriminal yang dilakukan oleh orang berkostum badut. Salah satunya adalah kasus penculikan, pelecehan seksual, dan pembunuhan yang dilakukan oleh John Wayne Gacy Jr. yang selalu tampil sebagai Pogo The Clown, karakter badut yang diciptakannya. Di dalam dunia hiburan ada sebutan Evil Clown, yaitu karakter badut yang dalam pementasannya biasanya bersifat jahat atau menggunakan elemen horor dalam atraksi pentasnya. Bahkan dalam pop culure tidak sedikit karakter jahat digambarkan sebagai sosok badut. Yang paling terkenal adalah musuh bebuyutan Iron Man yang bernama The Joker. Lho kok Iron Man? Sengaja kok bukan typo. Semua pada taulah ya itu musuhnya siapa.

2

Salah satu film yang sempat membuat penonton ngeri akan karakter badut adalah film It, yang kemudian menaikkan pamor pemerannya, Tim Curry. Efeknya bahkan sempat kita rasakan (ngehe kan?). Saat film miniseri tersebut ditayangkan di salah satu stasiun televisi swasta lokal di media 90-an, tidak sedikit anak- anak yang langsung parno akan sosok badut. It terlahir dari buah pemikiran legenda novel horor, Stephen King. Miniseri tersebut juga ikut memberikan sumbangsih dalam industri hiburan. Salah satunya adalah serial Stranger Things, yang sedikit banyak memiliki plot yang mirip dengan It. Dalam dunia industri perfilman nasional juga sempat dibuat film Badoet, yang memang terinspirasi dari film tersebut.

3

Dalam remake- nya kali ini, meskipun memiliki beberapa tribute untuk film original- nya, seperti opening scene yang memilukan dan kostum Pennywise tahun 90-an yang muncul di dalam satu adegan, film ini memiliki berbagai macam perubahan. Di antaranya adalah menaikkan unsur violence dan darah mendekati novel aslinya. Namun demi pertimbangan rating, tetap harus mengesampingkan adegan sex orgy yang dilakukan oleh ketujuh karakter utama. Perbedaan lainnya adalah jenis ketakutan yang dibikin berbeda dibandingkan film lamanya yang memang lebih mendekati novelnya. Namun tetap menampilkan bentuk ketakutan yang sama, di antaranya adalah ketakutan karakter cewek akan menstruasi pertama yang digambarkan dengan “lebih berdarah” di film ini. (Kalau gini harusnya karakter cowoknya digambarkan phobia sama cewek PMS aja ya sekalian… Lebih serem kali daripada badut setan… tapi ya masa IT nya muncul jadi pembalut terus neror- neror orang).

4

Jika ingin disebut apa kekuatan paling besar dari film ini. Saya akan menyebutkan jajaran cast. Keuntungan dari film yang menampilkan karakter anak- anak adalah, bahwa tim casting tidak perlu mencari anak- anak yang sudah beken, karena memang rata- rata masih bau kencur di industri hiburan. Jadi murni yang terpilih memang yang berhasil mengalahkan ratusan kandidat lainnya dalam proses casting. Begitu juga dengan film ini yang bisa dikatakan para aktor- aktris ciliknya begitu membaur dengan karakternya masing- masing. Begitu juga dengan chemistry di antaranya yang benar- benar sempurna. Dan yang tidak ketinggalan adalah Bill Skarsgard, yang bisa tampil sangat creepy sebagai Pennywise. Dari gerak- geriknya serta tatapan matanya yang begitu “mengganggu”. Meskipun jika ingin dibandingkan dengan versi Tim Curry, versi Skarsgard tidak terlalu se playful Curry. Namun untuk membayarnya, kali ini dia bisa menampilkan tampilan Pennywise yang lebih sadis.

5

Usaha sang sutradara untuk meminimalisir penggunaan CGI dan memberikan efek horor yang lebih membumi patut diapresiasikan. Selain itu, bagi yang sempat menonton film aslinya atau membaca bukunya pasti sudah tahu kalau kisah It sendiri dibagi menjadi 2 fase. Fase saat The Losers Club masih anak- anak dan fase di mana mereka sudah dewasa. Jadi tidak usah kaget kalau film It kali ini hanya merupakan bagian pertama dari dua film jika melihat jajaran cast hanya menampilkan karakter utama versi anak- anak saja. Karena berbeda dengan versi tahun 1990, yang memiliki penceritaan flashback, dalam versi remake- nya kali ini timeline diceritakan secara linear, di mana sudah dapat dipastikan akan ada sekuelnya. Menurut kabar salah satu cast yang dipertimbangkan adalah Jessica Chastain sebagai Beverly Marsh dewasa. (dnf)

Rating:

7.5/10

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s